Penerapan Metode Tanya Jawab Dapat Meningkatkan Hasil Belajar

oleh -622 views

Sumber data dalam penelitian ini adalah personil penelitian yang terdiri dari guru (peneliti) dan siswa kelas IV. Jenis data dalam penelitian ini adalah kualitatif. Cara pengambilan data tentang proses pelaksanaan pembelajaran yang menerapkankan metode tanya jawab pada materi pelajaran IPA diambil dengan menggunakan lembar obsevasi peneliti (guru) dan siswa, dan data tentang hasil belajar diambil dengan menggunakan tes formatif hasil belajar.

Berdasarkan hasil tes formatif tindakan siklus I, penguasaan siswa secara klasikal terhadap materi pelajaran IPA sebesar 40% dengan nilai rata-rata kelas 63,5. Hasil tes formatif pada siklus II, penguasaan siswa secara klasikal terhadap materi pelajaran IPA sebesar 65%, dengan nilai rata-rata kelas 68. Hasil tes formatif siklus III, penguasaan siswa secara klasikal terhadap materi pelajaran IPA sebesar 85% dengan nilai rata-rata kelas 77,5.

Kesimpulannya bahwa dengan menerapkan “Metode Tanya Jawab” dalam pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV pada materi pelajaran IPA. Dari hasil observasi, evaluasi dan refleksi pada setiap tindakan siklus, maka dapat disimpulkan bahwa dengan menerapkan metode tanya jawab dalam pembelajaran, hasil belajar siswa kelas IV pada mata pelajaran IPA dapat ditingkatkan. (*)

2 of 2Next



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *