Ranperda Perencanaan Pembangunan Partisipatif Daerah, Pemkab Beri Ruang Bagi Masyarakat

oleh -109 views

sulbarexpress.fajar.co.id, PASANGKAYU – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Mamuju Utara (Matra) menyosialisasikan Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) tentang Perencanaan Pembangunan Partisipatif Daerah. Kegiatan ini melibatkan komponen desa dan tokoh pemuda di Kabupaten Matra.

“Dengan lahir Ranperda ini, ruang masyarakat akan ada dalam penyampaian hak politik terhadap proses dan tahapan pelaksanaan perencanaan pembangunan daerah,” ungkap Ketua Komisi I DPRD Matra Uksin Djamaluddin saat membuka acara sosialisasi.

Ia mengatakan, Ranperda Perencanaan Pembangunan Partisipatif bertujuan mendorong peningkatan kualitas aspirasi masyarakat dalam proses perencanaan pembangunan. Juga sebagai bentuk mewujudkan prinsip akunbilitas dalam penyelenggara pemerintah daerah.

“Alhamdulillah, ranperda ini merupakan salah satu yang mendapatkan perhatian DPRD Matra karena sangat berdampak terhadap kebebasan masyarakat berpolitik diseluruh wilayah Matra,” terang Uksin.

Dikatakan pula, ranperda tersebut nantinya akan memberikan manfaat keterlibatan peran desa dan kelurahan pada pelaksanaan pembangunan nasional dan daerah untuk menciptakan desa dan kelurahan yang mandiri.

“Kami berharap kepada para peserta untuk bisa mengikuti sosialisasi ranperda ini, sehingga dapat betul-betul dipahami secara bersama-sama,” tutup Uksin. (ndi/sol)



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *