Disdikbud Diminta Lakukan Pemetaan PSB

oleh -176 views

sulbarexpress.fajar.co.id, POLEWALI – Anggota Komisi IV DPRD Polman Abu Bakar Kadir meminta Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Polewali Mandar melakukan pemetaan untuk penerimaan siswa baru (PSB). Konsep ini agar jumlah siswa di sekolah tersebar secara proporsional dan merata.

Abu Bakar Kadir yang meninjau pelaksanaan ujian terakhir di SMPN Negeri Binuang dan SMPN 7 Paku mengaku berjalan lancar. Pelaksanaan ujian berbasis kertas ini mulai pada tanggal 2 hingga 8 Mei berjalan lancar, namun jumlah siswa pada dua sekolah tersebut sangat minim.

“Disdikbud harus melakukan pemetaan dalam melakukan penerimaan siswa baru kedepan supaya tidak ada lagi yang dari Binuang sekolah di Polewali atau sebaliknya sehingga jumlah siswa disetiap sekolah merata,” terang Abu Bakar Kadir.

Kepala SMPN 7 Paku, Sutartoyo Menjelaskan bahwa jumlah siswa yang terdaftar sebagai peserta UN 49 orang siswa dan mulai dari ujian hari pertama semuanya hadir mengikuti ujian, untuk jumlah siswa yang ada di SMPN 7 Paku 180 siswa terdiri dari kelas satu, dua, dan tiga.

Berbeda dengan SMPN Binuang, dari 43 siswa yang terdaftar sebagai peserta UN dua orang tidak ikut UN, karena merantau ke Malaysia dan satu siswa lagi pihak sekolah tidak mengetahui alasan apa sehingga siswa tersebut tidak pernah mengikuti ujian.

Dua sekolah tersebut sama-sama hanya memiliki siswa dengan jumlah yang sedikit, SMPN 7 Paku jumlah siswanya 180 siswa, SMPN Binuang jauh lebih sedikit lagi yakni 139 siswa saja. Menurut kepala SMPN 7 Paku dan SMPN Binuang hal ini disebabkan karena banyak sekolah yang berdekat-dekatan sehingga jumlah siswa saat penerimaan siswa baru berkurang.

“Ke atas ada MTS, kemudian ke arah bawah juga ada, kita diapit dua sekolah sehingga siswa di sini jadi berkurang,” ujar Sutartoyo.

Bakri guru kesiswaan SMPN 7 Paku, menambahkan bahwa dulu sebelum ada MTS, SMPN 7 Paku pernah kewalahan karena banyak siswa yang mendaftar. Namun saat ini jumlah siswa semakin sedikit, hal tersebut mendorong Bakri untuk berupaya agar SMPN 7 Paku kembali diminati dengan mengoptimalkan kegiatan ekstra kulikuler. (ali/sol)

 



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *