Genjot PHBS, UPTD Libatkan Mahasiswa UNM

oleh -151 views

sulbarexpress.fajar.co.id,┬áMAJENE – Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) dalam pembelajaran di sekolah cara efektif peserta didik untuk mewujudkan lingkungan bersih.

Beberapa indikator yang dipakai untuk menilai PHBS di sekolah, yaitu mencuci tangan dengan menggunakan sabun, mengomsumsi jajanan sehat di kantin sekolah, menggunakan jamban yang bersih, memberantas jentik nyamuk, tidak merokok di sekolah dan membuang sampah pada tempatnya.

Untuk lebih mengoptimalkan program kebersihan sekolah, pihak Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) jajaran Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Majene, di wilayah Kecamatan Pamboang, melakukan penilaian kebersihan sekolah di wilayahnya.

Kepala UPTD Kecamatan Pamboang Nurdin saat melakukan penilaian di SDN 27 Pallarangan menyebut, terdapat 36 SD di wilayahnya menggelar program kebersihan sekolah, dengan melibatkan mahasiswa Universitas Negeri Makassar (UNM) yang sedang menjalani tugas Kuliah Kerja Nyata (KKN) Pengenalan Pengalaman Lapangan (PPL).

“Program kebersihan sekolah ini, untuk meningkatkan memotivasi siswa serta partisipasi para pihak sekolah,” singkat Nurdin, Senin 8 Mei.

Kepala SDN 27 Pallarangan Mahmur juga mengungkapkan, keberihan sekolah tidak hanya melalui program kebersihan sekolah, namun juga mendukung progran Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Majene, melaui program Majene Mapaccing.

“Pembenahan sekolah tidak hanya dilakukan pihak sekolah, tapi kami dibantu warga sekitar, seperti pembuatan pagar bambu dan pintu gerbang sekolah,” aku Mahmur.

Sementara itu, Kordinator Posko KKN PPL UNM Kecamatan Pamboang Ramadhan menyebut, indikator penilaian program kebersihan sekolah, yakni administrasi kepala sekolah, UKS (Usaha Kesehatan Sekolah), WC, kanting dan beberapa indikator lainnya.

“Intinya program ini, tidak hanya mendukung Majene Mapaccing, tetapi kita juga melakukan aksi nyata sebagai bentuk kepedulian terhadap program pemerintah kabupaten,” tutup Ramadhan.(hfd/smd)



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *