Jelang Ramadan BI, Ajak Perbankan Gerebek Pasar

oleh -167 views

sulbarexpress.fajar.com, MAMUJU – Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPw BI) Sulawesi Barat melaksanakan penukaran uang baru dengan uang lama bagi masyarakat dengan mendatangi langsung Pasar Regional Mamuju, Rabu 10 Mei.

Acara penukaran uang baru dilakukan dengan tema Gerebek Pasar. Pada kegiatan ini BI juga mengajak perbankan.

Sebelum gerebek pasar dilakukan, terlebih dahulu BI Sulbar dan perbankan menyinggahi dua minimarket swasta untuk melayani penukaran uang lama menjadi uang keluaran baru.

Kepala KPw BI Sulbar, Dadal Angkoro, mengatakan bahwa kegiatan yang dilaksanakan BI tersebut merupakan suatu langkah yang dianggap penting untuk mengajak masyarakat mengenal dan memiliki uang keluaran baru.

“Gerebek pasar yang kita lakukan di Mamuju ini baru pertama kali kita lakukan dan kita akan lakukan ini secara rutin sampai menjelang Ramadan ataupun menjelang lebaran, dimana banyak masyarakat sangat membutuhkan pecahan rupiah baru,” kata Dadal.

“Tentunya juga mereka pasti senang mendapatkan uang baru. Jadi gerebek pasar ini baru awal dan akan dilanjutkan dalam bentuk kegiatan yang lain bahkan sampai dengan lebaran karena itu adalah titik puncaknya. Selain itu kita juga lakukan kegiatan kas keliling,” ucap Dadal.

Ia juga menambahkan bahwa BI Sulbar maupun perbankan menyediakan stok uang baru yang akan ditukarkan kepada masyarakat, sehingga BI meyakini kegiatan tersebut akan mencapai target yang ditentukan.

“Kita bisa menyediakan Rp1,5 miliar kepada masyarakat dalam kondisi sempurna dan kita tarik uang Rp1,5 miliar dari masyarakat yang sudah lesuh dan kita sangat yakin akan mencapai target yang sudah kita tentukan maupun sepakat bersama,” tuturnya.

“Bisa juga lebih dari target yang kita tentukan, makanya kita melakukan juga monitoring dimana titik-titik kebutuhan terhadap uang-uang yang layak edar dan kita juga sudah survei beberapa tempat, sehingga sekarang ini eksekusi pelaksanaannya sekaligus monitoring maupun evaluasi kembali,” terang Dadal.

Selain itu, Dadal juga menjelaskan bahwa Gerebek Pasar yang dilakukan oleh BI dengan mengajak beberapa perbankan sudah dua kali dilaksanakan dan kali ini dilakukan di Pasar Regional Mamuju.

“Untuk Mamuju baru pertama kali, sebelumnya kita juga lakukan di Polman. Dulu kita sediakan Rp360 juta dan kali ini Rp1,5 miliar. Tentunya ini akan terus meningkat dengan perhitungan dan evaluasi kita. Besok-besokpun kala kita lihat kebutuhan masyarakat meningkat maka akan kita lakukan secara rutin melalui kas keliling,” bebernya.

“Penukaran uang baru bisa dilakukan masyarakat sesuai kemauannya, contoh Rp100 ribu dia mau menukar pecahan Rp2 ribu, maka itu boleh. Intinya semua bisa ditukarkan sesuai kebutuhan masyarakat,” imbuh Dadal.

BI Sulbar juga mengapresiasi keterlibatan perbankan dalam kegiatan gerebek pasar atas kerjasama dalam memberikan pelyanan yang baik kepada masyarakat Sulbar pada umumnya dan masyarakat Mamuju pada khususnya.

“Hampir 100 persen keterlibatan perbankan menunjukan satu kerjasama yang baik. Merekapun juga menyadari bahwa ini adalah bagian tugas mereka dan tidak melihat ini adalah tugas Bank Indonesia saja, nah mereka sadari bahwa ini juga tugasnya dan mau bekerjasama dengan kita,” tandas Dadal.(hab/sol)



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *