Sering Banjir, Dinas PUPR Terjunkan Satgas Drainase

oleh -136 views

sulbarexpress.fajar.co.id, MAMUJU – Banyaknya titik-titik daerah yang mengalami banjir saat hujan deras mengguyur kota Mamuju menjadi suatu tantangan yang harus diatasi Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Mamuju.

Olehnya dibentuklah Satuan Tugas (Satgas) Drainase yang dibentuk di bawah komando Dinas PUPR Mamuju untuk mengatasi permasalahan terkait drainase yang merupakan salah satu penyebab banjir.

Satgas Drainase ini bahkan sudah memulai pekerjaannya. Menurut Kepala Dinas PUPR Mamuju Suaib, tugas utama satgas ini adalah memastikan sistem drainase yang ada di Mamuju lancar.

“Jumlahnya anggota satgas sepuluh orang. Tugasnya khusus membersihkan drainase untuk kelancaran aliran air,” kata Suaib, Kamis 11 Mei.

Saat ini prioritas kerja mereka masih menyasar drainase di dalam kota yang dinilai penyebab utama terjadi genangan air saat hujan mengguyur. Setelah itu, akan melanjutkan tugas ke titik sekunder lain atau titik rawan yang banjirnya lebih kecil.

“Kita prioritaskan dalam kota dulu karena memang kalau hujan genangan air lebih banyak ketimbang titik lain,” tambahnya.

Biaya operasional mereka dianggarkan dalam APBD pokok tahun ini melalui anggaran pemeliharaan drainase PUPR Mamuju. Namun, kata Suaib, penetapan upah mereka dilakukan per hari. Sehingga tidak ada paksaan mereka hendak bekerja setiap hari atau ingin mengambil libur setiap pekan.

“Upahnya setiap hari dan untuk mengetahui mereka bekerja atau tidak ada pengawas dari Dinas PUPR,” terang Suaib.

Salah satu anggota Satgas Drainase, Syahrul mengatakan, ia bekerja mulai dari pukul 07.00 dan pulang pukul 17.30 Wita. Dalam bekerja, setiap hari satu drainase dikerjakan secara bersama-sama. Setelah selesai, barulah pindah ke drainase lain.

“Supaya pekerjaannya lebih cepat selesai,” ungkapnya di sela-sela pekerjaannya di Jalan Pongtiku, Kelurahan Rimuku Mamuju. (bal/sol)



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *