Tiga Oknum Polisi Dijatuhi Sanksi Disiplin

oleh -211 views

sulbarexpress.fajar.co.id, POLEWALI – Tiga orang oknum petugas kepolisian Polres Polman dijatuhi sanksi hukuman oleh majelis sidang disiplin yang diketuai Wakapolres Polman Kompol Aska Mappe, Senin 31 Juli.

Berdasarkan hasil putusan sidang disiplin, ketiga oknum polisi ini terbukti melakukan pelanggaran dalam tugas. Yakni Aiptu TH dan Bripka AR yang bertugas di Polsek Polewali dinyatakan lalai sehingga menyebabkan tahanan curanmor kabur, sehingga dijatuhi hukuman penempatan khusus selama 21 hari, mutasi bersifat demosi, penundaan kenaikan pangkat serta tidak diperkenankan mengikuti pendidikan selama satu periode.

“Iya, mereka berdua lalai sehingga tahanan kabur, seharusnya dia menjaga tahanan tapi nyatanya dia hanya duduk duduk di luar depan Polsek,” kata Aska Mappe.

Sementara satu oknum polisi lainnya berinisial Bripka AA bertugas di bagian Satlantas Polres Polman dinyatakan majelis sidang melakukan pungutan liar (Pungli) dan dijatuhi sanksi yang sama.

“Bripka AA ini bertugas di Unit Laka Satlantas Polres Polman, dia dinyatakan pungli dari laporan masyarakat yang menyurat ke Polda kemudian meneruskan ke kita, dan dijatuhi sanksi yang sama,” terang Aska Mappe.

Selain itu, kata Aska Mappe, sebelumnya tiga bulan yang lalu majelis disiplin juga menjatuhi sanksi yang sama kepada oknum anggota Satlantas Polres Polman karena terbukti pungli. Bahkan, kata dia, pada waktu yang sama sudah ada satu oknum polisi Polres Polman berpangkat Aiptu dipecat secara tidak hormat lantaran tidak pernah berkantor.

“Ini sudah kedua kalinya kita laksanakan sidang disiplin terhadap anggota Satlantas lantaran terlibat pungli, sedangkan tiga yang lalu oknum polisi berinisial Aiptu AB menjalani sidang kode etik karena malas berkantor sejak tahun 2015 sehingga dijatuhi hukuman pecat oleh Polda,” ungkapnya.

Dalam sidang disiplin yang digelar di Mapolres Polman ketiga terperiksa oknum polisi ini didampingi Kasat Sabhara dan KBO Lantas sebagai penasehat hukumnya.

“Saya yang ketua majelis sidang disiplin disaksikan Kabag Ren, Kabag Sumda dan Kasubag Hukum kemudian bertindak sebagai penasihat hukum terperiksa yakni KBO lantas dan Kasat Sabhara,” jelas Aska Mappe.

Ia berharap kejadian serupa tidak terulang lagi sehingga petugas kepolisian Polres Polman tidak lalai melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya dalam melayani dan mengayomi masyarakat.

“Adanya sidang disiplin ini merupakan bukti bahwa kami sebagai anggota Polri tidak tebang pilih dalam menegakkan hukum, bahkan anggota pun jika melanggar pasti kena hukuman,” tandas Aska Mappe. (ali/sol)



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *