Kasdam XIV Hasanuddin Tutup TMMD ke-99

oleh -213 views

sulbarexpress.fajar.co.id, MAMUJU – Bertempat di lapangan Bahagia Kecamatan Tapalang telah dilaksanakan penutupan TMMD ke-99. Acara penutupan dipimpin langsung Kasdam XIV Hasanuddin Brigjen TNI Supartodi.
Pelaksanaan TMMD yang sudah berjalan selama sebulan sejak tanggal 4 Juli. Para prajurit, pemda dan segenap komponen masyakat telah bahu membahu menyelesaikan program TMMD ke-99.

Kegiatan ini merupakan sinergitas yang positif dalam mengatasi permasalahan bangsa pada masa sekarang ini, termasuk membantu pemda mempercepat pembangunan di daerah dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat serta kemanunggalan TNI dan rakyat.

Program TMMD ini telah dimulai sejak tahun 1980-an dengan sebutan program ABRI Masuk Desa (AMD). Setelah melalui beberapa evaluasi dan penyempurnaan, program TMMD yang telah berlangsung lebih kurang 37 tahun ini semakin dirasakan manfaatnya oleh masyarakat.

Amanat Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI Mulyono Selaku penanggung jawab operasional (PJO) TMMD dibacakan oleh Inspektur upacara Kasdam XIV Hasanuddin Brigjen TNI Supartodi.

Tampak Hadir Staf Ahli kodam XIV Hasanuddin Kolonel Inf. Desius, Aslog Kasdam Kolonel Czi. Tedja, Bupati Mamuju Habsi Wahid, Plt Kabinda Sulbar, Ka Korda Kemhan Sulbar, Kasrem 142 Tatag, Dandim 1418 Mamuju, Kasi Korem, Dandim jajaran Korem 142 Tatag, unsur Forkopimda, kepala dinas, tokoh masyarakat, agama serta undangan lainnya.

Dalam amanatnya, Kasad menyampaikan bahwa pada TMMD ke-99 Tahun 2017 ini telah dikerjakan sebanyak 364 sasaran fisik berupa infrastruktur yang tersebar di wilayah Kodam di seluruh Indonesia.
Sasaran itu diantaranya pembangunan sarana transportasi, pembangunan jalan baru, rehabilitasi jalan, pengaspalan jalan, peningkatan badan jalan dan pengerasan jalan.

Infrastruktur lainnya antara lain, pembuatan jembatan, pembuatan talud dan gorong gorong,  renovasi dan pembangunan rumah ibadah maupun sekolah, pembangunan rumah tidak layak huni serta pembangunan sarana sanitasi.

Pada pencapaian sasaran non fisik berupa penyuluhan kepada masyarakat tentang bela negara dan ketahanan nasional dalam rangka menangkal proxy war, penyalahgunaan narkoba, menangkal terorisme dan radikalisme serta mewaspadai bangkitnya komunis gaya baru.

“TMMD adalah upaya TNI AD dalam memperkuat ketahanan masyarakat sebagai potensi kekuatan wilayah, utamanya upaya cegah dini dan deteksi dini terhadap berbagai ancaman  yang melemahkan persatuan dan kesatuan NKRI,” tegas Kasad.

Usai acara penutupan TMMD, Kasdam XIV menyerahkan hadiah lomba foto jurnalistik dan bingkisan, didampingi Kasrem 142 Tatag Letkol Inf. Priono dan Dandim 1418 Mamuju Letkol Arh. Imran, selaku Dansatgas TMMD. Dilanjutkan meninjau hasil pelaksanaan TMMD ke-99 di desa Taan, perintisan jalan, jembatan kayu, pemasangan gorong gorong, pengecetan sekolah,  sosial serta meninjau sasaran TMMD. (penrem/hab)



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *