Faridudin Resmi Dilantik jadi Ketua DPRD

oleh -183 views

sulbarexpress.fajar.co.id, POLEWALI – DPRD Kabupaten Polewali Mandar menggelar rapat paripurna istimewa di ruang sidang utama kantor DPRD Polman, Senin 14 Agustus 2017.

Agenda sidang adalah pelantikan pengganti antar waktu (PAW) ketua dan anggota DPRD Polman sisa masa jabatan 2014-2019. Jabatan ketua DPRD yang sebelumnya lowong selama lima bulan akhirnya telah terisi. DPRD Polman resmi punya ketua baru, yakni Fariduddin Wahid.

Rapat paripurna dilaksanakan dalam rangka pengucapan sumpah janji ketua dan dua orang anggota DPRD Polman PAW sisa masa jabatan 2014-2019 yang dipimpin oleh wakil ketua DPRD Busman M Yusman. Prosesi pelantikan dipandu oleh Wakil Ketua Pengadilan Negeri Polman Ida Bagus Oka.

Fariduddin Wahid secara resmi telah dilantik menjadi ketua DPRD menggantikan Hamzah Haya yang wafat pada 29 Maret 2017. Sementara Muhasbih dan Tasmin Djalaluddin dilantik sebagai anggota DPRD sisa periode 2014-2019.

Bupati Polman Andi Ibrahim Masdar saat memberikan sambutan mengatakan sinergitas antara pemerintah dan DPRD harus terus dibangun karena hal adalah keniscayaan dalam pemerintahan sebagaimana sebuah rumah tangga.

“Pemerintah dan DPRD adalah bapak dan ibu yang harus menjalin komunikasi untuk menghasilkan produk berkualitas untuk anggota keluarganya,” kata Bupati.

Bupati berharap mereka yang telah dilantik agar betul-betul mengerjakan tugasnya sebagai wakil rakyat. Kata dia PAW adalah sistem alamiah yang menjadi mekanisme dalam dunia perpolitikan yang dapat dilakukan oleh setiap partai.

Karenanya atas nama pemerintah daerah, bupati menyambut baik kepada siapapun yang dipilih menjadi aktor dilembaga perwakilan rakyat tersebut.

“Agar kita dapat mengabdi bersama bagi daerah dan masyarakat karena pelantikan ketua atau anggota DPRD telah diatur oleh undang-undang untuk melengkapi komposisi alat kelengkapan dewan,” paparnya.

Selain itu, kata Ibrahim momentum penggantian yang bertepatan menjelang hari kemerdekaan dapat dijadikan momentum penyegaran pembaharuan kinerja, sehingga beberapa agenda legislasi dapat diselesaikan dengan baik.

“Tidak perlu berkecil hati bila disebut pelayan, karena kepemimpinan suatu kaum adalah pelayan bagi mereka yang diutus Tuhan di bumi sebagai khalifah,” bebernya.

Sementara itu Ketua DPRD Polman yang baru dilantik, Fariduddin Wahid berharap akan secara rutin menjalankan roda organisasi secara normal seperti sedia kala. Fungsi DPRD sebagai legislasi dan pengawasan anggaran akan semakin dioptimalkan dengan melibatkan seluruh alat kelengkapan dewan.

“Tentu yang pertama, kita secara rutin akan menjalankan agenda legislasi seperti halnya tahun lalu dan fungsi pengawasan serta keuangan juga akan lebih dimaksimalkan,” ungkapnya.

Ia juga menegaskan akan mendorong ranperda inisiatif dewan untuk disahkan menjadi perda yang telah melalui berbagai tahapan. Ditambah lima ranperda usulan eksekutif yang telah disahkan menjadi perda untuk dilaksanakan sebagaimana mestinya.

“Terima kasih kepada semua pihak yang telah mengambil bagian dari pelaksanaan acara ini, semoga amanah yang diemban dapat saya kerjakan dengan baik,” tandas Fariduddin mengakhiri sambutannya.

Terpisah, Wakil ketua DPRD Polman Busman M Yunus berharap anggota DPRD yang baru dilantik untuk dapat memenuhi harapan konstituennya. (ali/sol)



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *