Tiga Pulau Dapat Jatah Pembangunan PLTS

oleh -101 views

sulbarexpress.fajar.co.id, MAMUJU – Tahun depan masyarakat Kecamatan Balabalakang bisa menikmati fasilitas listrik lebih memadai. Ini karena Pemprov Sulbar mengalokasikan anggaran pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) dari APBD 2018.

Kepala Bidang Energi Dinas Sumber Daya Mineral (ESDM) Sulbar Patrik Galampo mengatakan pembangunan PLTS di Balabalakang akan ditempatkan pada tiga titik. Diantaranya Desa Salissingan, Sabbakatang, dan Poppongan.

“Sebenarnya ada 18 yang kita usulkan ke kementerian, tapi baru tiga yang akan dikerjakan pada tahun 2018,” kata Patrik.

Ia menambahkan program PLTS yang direncanakan akan mengggunakan DAK dan masuk dalam program prioritas Pemprov pada tahun 2018.

“Ini program prioritas pak Gubernur dan mendapat persetujuan dari kementerian sehingga akan dilaksanakan tahun depan. Kami juga akan terus mendorong untuk semua pulau bisa mendapatkan listrik minimal PLTS,” ucap Patrik.

Lanjutnya, dalam pengelolaan PLTS, pihaknya bulan ini memberangkatkan 15 orang untuk pelatihan operator PLTS. Mereka adalah kelompok yang dibentuk untuk mengelola PLTS disejumlah daerah.

“Kita juga akan segera limpahkan ke ULP program tersebut agar PLTS di Balabalakang segera dikerjakan,” beber Patrik.

Terpisah Gubernur Sulbar Ali Baal Masdar menyampaikan Pemprov akan melakukan pembangunan untuk daerah terpencil utamanya sarana kelistrikan. Pihaknya akan terus berkoordinasi dengan pemerintah pusat agar mendapat bantuan.

“Saya akan berusaha menyerap semua bantuan yang ada di pusat agar disalurkan ke Sulbar. Begitu dengan sarana telekomunikasi juga akan kami bicarakan dengan beberapa perusahaan provider agar bisa dipasangkan di Kepulauan Balabalakang,” terangnya.

Gubernur juga membeberkan akan kembali berkunjung dibeberapa pulau yang masuk wilayah Balabalakang untuk menyerap aspirasi masyarakat.

“Kemarin waktunya singkat, awal bulan Desember mendatang saya akan nginap di tiga pulau secara bergantian untuk menyerap keluhan warga,” tandasnya. (hab/sol)



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *