Awali Pengawasan di Tingkat Bawah, Panwaslu Gelar Rakernis Kecamatan

oleh -34 views

sulbarexpress.fajar.co.id, PASANGKAYU – Mengawali pengawasan pada tingkat kecamatan untuk menjadikan pengawasan yang berintegritas menuju pemilu berkualitas tahun 2019, Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Matra menggelar rapat kerja teknis (Rakernis) pengawasan kecamatan se Kabupaten Matra.

Rakernis yang diikuti 36 anggota Panwascam se kabupaten juga dihadiri Wakil Bupati Matra HM Saal. Berlangsung di aula hotel Trisakti Pasangkayu, Jumat 10 November.

Dalam sambutan Wakil Bupati Matra HM Saal memberikan apresiasi yang tinggi atas terlaksananya rakernis yang digelar Panwaslu Matra Bagaimana pun juga, pengawas di tingkat bawah perlu bekal materi sehingga bisa menjadi satu pemahaman pengawas pada tingkat atas dalam menjalankan tugas pengawasan.

“Kegiatan ini dianggap sangatlah penting, sebab Panwascam dalam melakukan tugas harus dibekali sumber daya yang kuat. Sehingga menjadikan pengawasan efektif, ” ungkap Saal.

Menurutnya, tugas dan fungsi anggota pengawas pemilu bukanlah tugas yang mudah, itu disebabkan diberikannya wewenang yang lebih dalam menkualifikasi calon pemilu dalam pelanggaran pemilu sebagaimana telah diatur dalam Undang-undang No 7 tahun 2017 tentang pemilu.

Saal berharap agar para peserta rakernis yang juga petugas pengawas pemilu di tingkat kecamatan bisa mengikuti dengan seksama untuk bisa diamalkan dalam pengawasan. Sehingga menjadikan pemilu yang berkualitas seperti apa yang diharapkan bersama.

“Selamat menjalankan tugas dan tanggungjawab sebagai pengawas pemilu. Mari kita jadikan pemilu yang berintegritas dan berkualitas,” harap Saal.

Pada kesempatan yang sama, Pimpinan Bawaslu Sulbar Ansyarullah A Lidda mengatakan rakernis yang digelar merupakan hal yang sangat penting. Itu karena anggota pengawas dalam melaksanakan pengawasan diperlukan pengetahuan tentang pengawasan yang disertai regulasi hukumnya.

“Setiap anggota pengawas harus lebih mengetahui aturan kepengawasan dari pada yang diawasi dalam menjalankan tugasnya. Jadi saya anggap rakernis ini sangatlah penting untuk menjadi bekal pengetahui seorang pengawas apalagi pada tingkat bawah yakni, pada tingkat kecamatan dan desa,” terang Ansyarullah.

Ketua Panwaslu Matra Syamsudin juga berpesan untuk bisa menjadikan pemilu yang berkulitas, setiap anggota pengawas harus memiliki integritas yang kuat dan yang pasti mempunyai ilmu tentang kepengawasan dalam melakukan pengawasan di lapangan.

“Mari kita ikuti materi dengan baik yang terangkum dalam rakernis Panwaslu saat ini, sehingga ketika dalam melakukan tugas di lapangan tidak mendapat kendala yang besar yang bisa menyulitkan pengawas dalam melaksanakan tugasnya,” singkat Syamsudin. (ndi/sol)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *