Peringatan HKN ke-53 Pemda Ikut Promosikan Germas

oleh -25 views

sulbarexpress.fajar.co.id, PASANGKAYU – Pemkab Matra menggelar peringatan hari kesehatan nasional (HKN) tahun 2017. Kegiatan ini diikuti ratusan masyarakat dan petugas kesehatan se Kabupaten Matra, dipusatkan di lapangan Merdeka Pasangkayu, Minggu 12 November.

Kepala Dinas Kesehatan Matra, dr Alif Satria mengatakan, salah satu tujuan dalam peringatan HKN adalah mempromosikan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas), dimana fokus kegiatan akvitas fisik, konsumsi sayur dan buah, serta memeriksa kesehatan secara berkala.

Menurutnya, acara ini merupakan salah satu upaya pemerintah daerah Kabupaten Matra yang ingin berperan serta dalam mendukung program Indonesia sehat dengan pendekatan keluarga (PIS-PK). Serta mendukung Kementrian Kesehatan RI untuk mencapai rekor muri pemeriksaan penyakit tidak menular (PTM).

Ada beberapa acara yang ikut dirangkaikan HKN tahun ini, lanjut Alif Satri, yang pertama senam bersama, kedua bazar buah dan sayur, ketiga deteksi dini maksudnya, pemeriksaan gula darah, kolesterol, asam urat dan tekanan darah. Keempat bhakti sosial dalam hal ini donor darah, kelima hiburan musik, dan penampilan senam hygiene, serta yang terakhir adalah launching kampanye sadar JKN-KIS.

Pada kesempatan yang sama, Sekda Matra HM Natsir menyampaikan, kepada masyarakat agar dapat merasakan begitu pentingnya menjaga kesehatan, apa lagi tema kegiatanya adalah “Sehat Keluarga Sehat Indonesia”.

“Kesehatan merupakan layanan dasar yang perlu diperjuangkan secara bersama-sama sehingga masyarakat kita merasakan kesehatan. Merasakan Kebersamaan seperti ini bukan pada saat HKN saja, tetapi melalui gerakan-gerakan kesehatan yang menyentuh dan mengajak partisipasi masyarakat agar kita lebih maju setara dengan kabupaten kabupaten yang ada di Sulbar ini,” ungkap Natsir.

Natsir berharap, dengan peringatan HKN tahun ini akan memacu dan meningkatkan kesadaran masyarakat akan perlunya kesehatan.

“Dan kepada seluruh jajaran petugas kesehatan di desa, agar memberikan suatu inovasi atau gerakan-gerakan kesehatan yang sangat dibutukan oleh masyarakat Matra,” tandas Natsir. (ndi/sol)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *