Pancasila di Era Millennial, Generasi Muda Harus Menjaga dan Paham Ideologinya

oleh -178 views

sulbarexpress.fajar.co.id, MAMUJU – Generasi muda sebagai penerus estafet kepemimpinan harus memiliki dasar pemahaman ideologi bangsa yang kuat. Upaya ini agar pembangunan bangsa bisa tercapai maksimal.

Oleh sebab itu, Majelis Permusyawaratan Rakyat Republik Indonesia melaksanakan seminar di STIE Muhammadiyah dengan mengangkat tema “Membangun Semangat dan Nilai-nilai Pancasila di era Millennial”, Kamis 16 November.

Anggota DPD RI asal Sulbar Muh Asri Anas mengatakan di era millennial gangguan terhadap Pancasila kian deras menerpa. Berbagai aliran-aliran keagamaan hingga paham asing terus menggempur Indonesia agar mengganti Pancasila.

“Kita sebagai generasi pelanjut bangsa harus menjaga dan paham nilai-nilai Pancasila. Sudah tak bisa ditawar lagi,” kata Asri.

Ia menambahkan Pancasila sebagai ideologi bangsa maka perlu dirawat bersama dan perlu peran semua elemen termasuk pemuda-pemudi daerah untuk terus menerapkan asas dan nilai-nilai yang terkandung didalamnya.

“Kita tidak mungkin menggantungkan harapan masa depan kepada generasi tua, sebab usia mereka hampir menemukan batasnya. Generasi muda inilah yang diharapkan menjadi jawaban dan mampu menghadirkan senyum cerah para pendiri bangsa,” tambahnya.

Dandim 1418 Mamuju Letkol Arh Imran mengatakan sebagai penerus bangsa dan negara, pemuda harus tampil terdepan untuk menjaga nilai-nilai Pancasila di era millennial.

“Kita sebagai generasi muda penerus bangsa. Generasi muda harus mempunyai jati diri dan selalu berpikiran positif, serta siap untuk mempertahankan dan memperjuangkan keutuhan Indonesia demi tegaknya NKRI yang berdasarkan Pancasila,” tuturnya.

Ia menambahkan, pemuda juga diharapkan bisa menghindari bahaya ancaman terorisme, penyalahgunaan medsos dan berita yang memprovokasi serta menghindari narkoba.

“Kita harus selalu menjaga NKRI dan Pancasila, paling tidak kita menghindari apa yang dilarang undang-undang terutama tidak pernah menyentuh namanya narkoba,” ujarnya.

Ketua PWI Sulbar Naskah M Nabhan menuturkan media sangat penting dalam era millennial. Namun perlu berhati-hati memilih dan memilah berita yang sifatnya provokatif dan mengadu domba.

“Kita sebagai generasi millennial yang cerdas perlu selalu waspada dalam setiap informasi maupun berita yang didapatkan. Jangan kita terlibat dalam menyebar berita hoax yang sifatnya mengadu domba,” terangnya.

Selain itu, sebagai penerus nilai-nilai leluhur bangsa dan penjaga nilai-nilai Pancasila generasi muda harus lebih cerdas dan lebih baik dari generasi tua sebelumnya.

“Kita harus betul-betul menjaga nilai-nilai Pancasila yang ditiipkan generasi tua kepada kita saat ini, baik itu media maupun pemuda harus selalu bersinergi dalam menjaga itu,” tandasnya. (hab/sol)



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *