Kemenag Tingkatkan Pemahaman PPAIW

oleh -20 views
sulbarexpress.fajar.co.id, MAJENE – Kementerian Agama (Kemenag) Majene terus meningkatkan pengetahuan pemahaman dan wawasan kepada para Pejabat Pembuat Akta Ikrar Wakaf (PPAIW) dan Nazhir, di jajarannya.
Penyelenggaraan kegiatan Syari’ah itu, dikemas “Pembinaan PPAIW dan Zashir”. Peserta terdiri dari unsur PPAIW, Nashir dan ASN penyelenggara syari’ah. Kegiatan digelar di ruang pertemuan Kantor Kemenag Majene, belum lama ini.
Ketua Panitia juga Penyelenggara Syari’ah Kemenag Majene Ismu Faqih menuturkan, wakaf selain sebagai penunjang dakwah juga merupakan asset umat Islam dalam meningkatkan kesejahteraan ekonomi umat.
“Pihak Kemenag Majene, berfungsi sebagai regulator, fasilitator, motivator dan koordinator urusan wakaf, dan berusaha meningkatkan pengelolaan serta pemberdayaan wakaf agar segera terealisasi,” terang mantan Kepala KUA Kecamatan Banggae itu.
Ia mengatakan, salah satu upaya strategis yang dilakukan pihak Kemenag Majene yakni mendorong lembaga wakaf untuk mengembangkan dan pemberdayakan seluruh potensi agar seluruh aset dapat dikelola dan dikembangkan secara optimal.
“Kita akan terus berupaya, agar pengelolaan wakaf mejadi pilar peningkatan ekonomi umat, walaupun pada umumnya, peningkatan wakaf masih banyak dikelola secara tradisional dan konsumtif,” bebernya.
Ismu Faqih merinci, bahwa tanah wakaf di wilayah Majene sebanyak 438 lokasi, dengan rincian sebanyak 291 lokasi yang sudah bersertifikat, ditambah 3 lokasi tanah wakaf yang produktif.
Hadir dalam kegiatan tersebut, Dr Adnan Nota Kepala Kemenag Majene bersama Kepala Pertanahan Nasional Majene, juga sebagai pemateri. (hfd/smd)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *