Tambah Keindahan Kota, Pemkab Mamuju Pasang 115 Lampu Jalan

oleh -304 views
sulbarexpress.fajar.co.id, MAMUJU – Rencana Pemkab Mamuju untuk menata keindahan kota mulai terlihat. Salah satu buktinya adalah pemasangan lampu jalan dengan model lampu taman disejumlah jalan yang ada di dalam kot
Melalui Dinas Perumahan, Pemukiman dan Pertanahan (Perkimtan), pemkab Mamuju menggelontorkan anggaran senilai Rp 2 miliar untuk pengadaan 115 unit lampu jalan dalam kota Mamuju hingga akhir tahun 2017.
Kepala Bidang Pemukiman, Dinas Perkimtan Mamuju Fadly Ahmadi mengungkapkan, lampu hias yang akan dipasang berdaya 30 watt dan jenis bohlamnya led putih. Semuanya menggunakan pembangkit listrik tenaga surya.
“Anggarannya sekira Rp 2 miliar untuk 115 unit lampu. Itu menggunakan APBD pokok tahun ini,” ujar Fadly ditemui di ruang kerjanya, Kamis 7 November.
Mengenai penambahan lampu jalan tersebut, Fadly menjelaskan bahwa seluruh pembangunannya hanya menyasar kota Mamuju saja, tepatnya di Kecamatan Mamuju. Itu sesuai prioritas pembangunan untuk memperindah tatanan kota. Begitu pula lampu yang digunakan bukan Penerangan Jalan Umum (PJU).
“Kita sengaja pakai model lampu taman supaya penerangan itu memiliki nilai estitika,” jelasnya.
Hingga kemarin, baru 76 unit yang berhasil dipasang. Itu pun masih ada yang belum memiliki bohlam. Fadly mengaku pembangunannya dilakukan secara bertahap. Diutamakan pembangunan tiang dulu, selanjutnya dipasangi bohlam dan baterai.
“Kami kerja bertahap. Tapi kami akan selesaikan tahun ini,” kata Fadly.
Untuk tahun 2018, Fadly mengungkapkan akan tetap melakukan pembangunan PJU. Namun sasarannya meluas ke tingkat kecamatan. Begitu juga dengan penerangan lampu taman bagi Ruang Terbuka Hijau (RTH).
“Tahun depan kita akan bangun lagi. Kisaran anggaran yang akan digunakan sekira Rp 4 miliar melalui APBD,” tandasnya. (bal/sol)



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *