Cegah Abrasi Pantai, Mahasiswa KKN UNM Tanam Mangrove

oleh -225 views

sulbarexpress.fajar.co.id, POLEWALI – Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Terpadu Universitas Negeri Makassar (UNM) yang berlokasi di Polewali Mandar menggalakkan program penanaman bibit mangrove. Kegiatan tersebut berlangsung di Pantai Gonda, Dusun Gonda Desa Lalulintas, Kecamatan. Campalagian, Minggu 17 Desember.

Koordinator Kabupaten KKN UNM Muhammad Muaz mengatakan kegiatan ini merupakan salah satu program kerja yang dirangkai dengan Mandar Education and Cultural Fest. Tujuannya untuk mengedukasi mahasiswa akan pentingnya mangrove terhadap kelestarian lingkungan.

“Teman-teman KKN diberikan pemahaman awal terhadap penting dan manfaat pohon mangrove,” kata Muaz.

Ia menambahkan rombongan mahasiswa juga dibekali tata cara penanaman bibit mangrove. Setelah itu, mereka diarahkan untuk menanam di lokasi yang telah ditentukan.

“Sebelum menaruh bibit terlebih dahulu kami harus tahu prosedur penanaman. Komunitas sahabat pesisir berperan penting membantu kami,” tambahnya.

Muaz juga berharap agar penanaman manggrove ini dapat mencegah abrasi. Serta membawa manfaat bagi lingkungan dan masyarakat sekitar.

“Kita berharap semoga kegiatan seperti ini terus berlanjut,” ungkap Muaz.

Sedangkan, Koordinator Komunitas Sahabat Pesisir Ansari mengapresiasi kepedulian mahasiswa UNM yang telah melibatkan diri dalam penanaman bibit mangrove. kata dia, Kegiatan sosial ini sangat berfaedah bagi keasrian lingkungan di wilayah pesisir.

“Program ini membawa manfaat yang besar. Pasalnya, pohon mangrove sangat banyak manfaatnya, terutama zat yang dihasilkan ialah oksigen dalam hal ini kebutuhan utama manusia,” tandasnya.(ali/hab)