Antisipasi Cuaca Ekstrem, DLHK Tebang Pohon Berpotensi Tumbang

oleh -29 views

sulbarexpress.fajar.co.id, MAMUJU – Cuaca ekstrem akhir-akhir ini mengakibatkan sejumlah pohon tumbang menutupi jalan. Olehnya langkah persuasif gencar dilaksanakan Pemkab Mamuju.

Melalui Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK), sejumlah pohon yang rawan dan berpotensi tumbang ditebang sedari dini. Salah satunya yang berada di depan rumah adat Mamuju, jalan KS Tubun, Selasa 19 Desember.

Menurut Kadis LHK, Hamdan Malik bahwa langkah persuasif tersebut untuk melindungi warga dari bahaya dan juga hal-hal yang menjadi penyebab terhambatnya arus lalulintas di dalam kota Mamuju. Sehingga membuatnya harus bertindak cepat mengantisipasi.

“Dahan pohon yang mulai mengering kita pangkas. Jika berpotensi tumbang saat terjadi angin kencang, kita tebang,” ujar Hamdhan saat mendampingi personelnya melakukan penebangan pohon di Jalan KS Tubun, Selasa 19 Desember.

Utamanya, lanjut Hamdhan, pohon yang bersentuhan dengan kabel litrik dan berdekatan rumah warga. Apalagi mayoritas pohon yang berada di tepi jalan, berjenis trambesi yang notabene berakar serabut. Akibatnya mudah tumbang dan dahannya pun mudah patah.

“Semua yang kami anggap berbahaya bagi warga, kami potong. Jangan sampai ada warga atau rumah yang tertimpa pohon,” jelasnya.

Dia menambahkan, saat melakukan penebangan, dia mengerahkan belasan personel dan dibantu dua unit armada DLHK. Rencananya giat itu akan terus berlanjut di beberapa ruas jalan lain. Seperti di Jalan Soekarno Hatta, Martadinata, Pattana Endeng, KS Tubun, Pettarani, Ahmad Kirang, Kurungan Bassi, Urip Sumiharjo dan Dr Sam Ratulangi.

“Kita masih akan terus melakukan penebangan dan pemangkasan. Bagi warga yang merasa terancam, bisa melapor ke kami untuk ditindaklanjuti,” tandas Hamdhan. (bal/sol)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *