Kejari Musnahkan Barang Bukti

oleh -119 views

sulbarexpress.fajar.co.id, POLEWALI – Kejaksaan Negeri (Kejari) Polewali Mandar memusnahkan barang bukti kejahatan dari perkara tindak pidana umum yang telah memiliki kekuatan hukum tetap (inkracth).

Barang bukti yang dimusnahkan tersebut berasal dari kasus pidana umum periode Juli 2017 hingga Januari 2018, dimana pemusnahan dilaksanakan sekitar pukul 09.30 WITA di halaman Kejari Polman, Senin 22 Januari.

Kepala Kejari Polman M.Rudy mengatakan barang bukti yang dimusnahkan mulai dari narkotika jenis Sabu-sabu, pil boje, senjata tajam tanpa izin, Perkara judi dan pembunuhan.

“Pemusnahan barang bukti ini berasal dari 57 perkara tindak pidana umum yang sudah inkracth,” kata M.Rudy.

Ia menambahkan kasus penyalahgunaan narkotika masih mendominasi perkara tindak pidana umum yang ditangani Kejari selama tahun 2017, bahkan pengguna narkotika mengalami peningkatan dari tahun sebelumnya.

“Ada peningkatan pemakai narkotika dari tahun 2016 dan mayoritas masih dari kalangan pria,” tambahnya.

M.Rudy juga menyampaikan secara kuantitas barang bukti penyalahgunaan narkotika dan obat-obatan terlarang yang dimusnahkan mengalami penurunan bobot.

“Tadi kita musnahkan 73 gram sabu-sabu, sementara tahun kemarin itu mencapai ratusan gram lebih,” ungkap M.Rudy.

Sementara itu, pihaknya berharap agar adanya sosialisasi berkesinambungan untuk mencegah generasi muda Polman agar tidak terkontaminasi penyalahgunaan narkoba.

“Sosialisasi akan terus dilakukan agar generasi muda tidak terkontaminasi narkotika,” ujarnya.

Sedangkan, Kapolres Polman AKBP Muh Rifai Syarifuddin menjelaskan hubungan antara kepolisian dengan kejaksaan sudah cukup baik di wilayah hukum Polman, katanya, sebagian besar kasus yang ditangani Polres Polman komunikasinya sudah baik.

“Bahkan ada beberapa kasus yang tidak ada pengembalian berkas perkara langsung,” tandasnya.

Pemusnahan barang bukti di kejari Polman turut dihadiri Sekkab Polman Andi Ismail Nawawi, Kasdim 1402 Polmas Mayor Inf Hendrik KK, perwakilan Pengadilan Negeri Polewali, dan Dinkes.(ali/hab)



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *