Jelang Pemilu 2019, KPU Kembali Usulkan Empat Dapil

oleh -99 views

sulbarexpress.fajar.co.id, PASANGKAYU – Berdasarkan tahapan pemilu tahun 2019 mendatang. KPU Pasangkayu kembali mengusulkan empat daerah pemilihan (dapil) untuk DPRD Pasangkayu.

Anggota Devisi Teknis KPU Pasangkayu Harly Wood mengatakan, bahwa garis besar penataan dapil tingkat kabupaten, yaitu KPU kabupaten memberikan usulan dapil kepada KPU Provinsi yang disusun berdasarkan tujuh prinsip.

Yakni kesetaraan suara, ketaatan pada sistem pemilu yang profesional, proporsionalitas, coterminus, kohesivitas, integralitas wilayah dan kesinambungan dengan pemilu sebelumnya.

“KPU kabupaten hanya mengusulkan penatapan dapil dan alokasi kursi. Nanti sepenuhnya akan ditetapkan oleh KPU RI. Namun KPU saat ini memberikan ruang kepada parpol untuk ikut dalam penyusunan draf usulan,” ungkap Harly, Kamis 25 Januari.

Harly menjelaskan, jika penataan dapil dan alokasi kursi oleh KPU Kabupaten adalah didasari Data Agregat Kependudukan Kecamatan (DAK2) yang diserahkan oleh Kementerian Dalam Negeri pada Desember 2017. Sesuai Peraturan KPU Nomor 7 tahun 2017.

Setelah pengusulan draf, sambung Harly, mekanisme selanjutnya mempublikasikan hasil rancangan dapil, untuk mendapatkan saran dan masukan dari seluruh stakeholders dan pemangku kepentingan pemilu.

Selanjutnya KPU lakukan uji publik untuk kembali mendapatkan saran dan masukan terkait penataan dapil. Dan yang terakhir KPU mengusulkan ke KPU RI melalui KPU Provinsi terkait usulan penataan dapil DPRD Kabupaten Pasangkayu.

Berdasarkan tujuh prinsip penataan dapil dalam aturan, Kabupaten Pasangkayu tatap mengusulkan empat dapil. Artinya tidak ada perubahan dari penataan dapil pada pemilu 2014 yang lalu.

Itu karena ada beberapa pertimbangan. Pertama, tidak terjadi pertambahan jumlah penduduk signifikan dari suatu dapil yang mengakibatkan jumlah alokasi kursi di dapil tersebut lebih dari 12 kursi atau kurang dari 3 kursi yang juga berdasarkan PKPU No 16 Tahun 2017.

Yang kedua, lanjut Harly, tidak terjadi pemekaran wilayah kabupaten, seperti yang terjadi pada Kabupaten Mamuju dan Mateng setelah pemilu 2014. Yang ketiga tidak terjadi menambahkan atau pengurangan wilayah administratif atau kecamatan di Kabupaten Pasangkayu.

“Yang terakhir, dapil bisa ditata kembali bila terjadi bencana yang mengakibatkan hilangnya sebagian atau satu dapil,” tandasnya. (ndi/sol)

Usulan dapil pemilu 2019 :

Dapil 1
Meliputi Kecamatan Sarjo, Bambaira dan Bambalamotu. 6 Jatah kursi.

Dapil 2
Meliputi Kecamatan Pasangkayu, Pedongga, dan Tikke. 11 Jatah kursi.

Dapil 3
Meliputi Kecamatan Lariang, Bulutaba dan Baras. 7 Jatah kursi.

Dapil 4
Meliputi Kecamatan Sarudu, Dapurang dan Doripoku . 6 Jatah kursi.

Jumlah 30 Kursi.



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *