Pemkab Gelar Maulid , Keteladanan Nabi Bisa Diiplementasikan

oleh -132 views

sulbarexpress.fajar.co.id, POLEWALI – Pemkab Polman menggelar acara peringatan maulid nabi Muhammad SAW dengan tema “Kita tingkatkan ukhuwah islamiyah dan tali silaturrahim menuju masyarakat madani” yang dihadiri majelis taklim se kabupaten Polman, di Gedung Nusantara Polewali, Kamis 24 Januari.

Dalam acara maulid yang dilaksanakan Pemkab Polman menghadirkan Ustad Hamli Dg Tellesang sebagai narasumber dan dirinya mengajak kepada seluruh hadirin untuk selalu mengingat akan adanya kehidupan abadi setelah kematian yakni kehidupan akhirat.

Ustad Hamli mengatakan rasulullah telah bersabda 1.400 tahun yang lalu datang suatu zaman dimana seseorang lupa akan kematian, dimana pada saat itu manusia berlomba-lomba hanya cinta dunia tapi lupa akhiratnya.

“Karena Allah mengatakan dalam surah Ali Imran kematian pasti akan datang menghampiri seseorang dan tidak akan mati seseorang sebelum ada izin dari Allah,” kata Hamli.

Hamli juga mengingatkan untuk selalu bersedekah, berinfak dan berzakat dari setiap harta yang diperoleh, karena setiap harta akan dihisab oleh Allah. Lalu dipertanyakan dari mana kau dapat dan digunakan untuk apa.

“Janganlah sekali-kali mencampur harta, pisahkan yang hak dan bathil,” ungkap Hamli.

Selain itu, untuk mencegah terjadinya kemungkaran harus selalu wajib melaksanakan shalat, karena shalat itu mencegah kemungkaran.

“Kenapa banyak terjadi kemungkaran, karena umat meninggalkan shalat. Mari kita muhasabah apa yang sudah kita persiapkan dalam menuju akhirat,” tuturnya.

Sementara, Bupati Polman Andi Ibrahim Masdar menyampaikan maulid dilaksanakan terlambat karena banyaknya kesibukan, begitu juga kebiasaan undian umroh untuk imam mesjid pada setiap perayaan maulid ditiadakan pada maulid kali ini lantaran sebelumnya sudah dibagikan.

“Biasanya kalau kita maulid dilakukan juga undian umroh tapi sekarang tidak lagi karena sudah dibagikan sebelumnya,” jelasnya.

Ia menambahkan acara maulid ini adalah yang paling sempurna karena semua pimpinan bank, SKPD dan perwakilan kemenag hadir semua.

“Terima kasih semua atas kehadirannya pada acara maulid yang dilaksanakan Pemkab Polman,” ujarnya.

Mewakili Pemprov Sulbar, Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Arufuddin Toppo menuturkan kebahagian tersendiri baginya sehingga bisa berkumpul sekaligus bersilahturahmi dalam suatu kegiatan religi, olehnya ia mengajak seluruh hadirin bersimpuh dalam suasana peringatan maulid nabi besar Muhammad SAW sebagai upaya lahiriyah maupun batiniyah untuk mengenang kelahiran sosok uswatun khasanah.

“Peringatan maulid hari ini diharapkan jadi moment untuk meneladani kemulian ahklak yang telah dicontohkan rasulullah Muhammad SAW dalam bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. Agar supaya negara ini senantiasa aman dan sejahtera dalam bingkai akhlakul karimah,” terangnya.

Ia juga berharap semua elemen masyarakat Polman menciptakan tatanan dan kehidupan yang damai dan bermartabat, momentum maulid ini juga diharap mampu memadukan shalawat, zikir dan doa serta kemampuan logika maupun rasa dalam suatu kegiatan besar yang dapat kita implementasikan.

“Atas nama pemerintah Provinsi Sulawesi Barat saya mengapresiasi kegiatan maulid ini agar dapat berkelanjutan sekaligus melahirkan inspirasi bagi diri sebagaimana yang telah dicontohkan Muhammad SAW membuka peradaban dunia, hanya dalam kurun waktu 23 tahun,” tandasnya.(ali/hab)



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *