KPU Diminta Lakukan Verifikasi Ulang

oleh -115 views

sulbarexpress.fajar.co.id, MAMASA – Beberapa waktu lalu, Panitia Pengawasan Pemilihan Umum (Panwaslu) Kabupaten Mamasa menggelar sidang dugaan pelanggaran administrasi penyelenggaraan tahapan Pemilihan Umum (Pemilu) DPR, DPD, dan DPRD yang dilakukan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Mamasa.

“Berdasarkan pertimbangan Majelis Hakim Panwaslu Mamasa, diputuskan agar KPU melakukan verifikasi ulang terhadap nama-nama dari beberapa Parpol yang kita anggap belum memenuhi syarat,” ungkap Divisi Hubungan Antar Lembaga, Panwaslu Mamasa, Rustam saat dikofirmasi, Senin 29 Januari.

Adapun lima Parpol yang dinyatakan tidak memenuhi syarat sebab tidak lakukan verifikasi langsung menurut Rustam yaitu Partai Perindo 10 orang, PSI 5 orang, PDIP 5 Orang, dan PKS 6 orang.

Selanjutnya kata Rustam, mereka yang ditemukan tidak diverifikasi langsung oleh KPU yakni anggota Partai yang tersebar diberbagai kecamatan. Selain dilakukan verifikasi ulang sebagai sanksi pelanggaran, Panwaslu juga memberikan sanksi berupa pembatalan berita acara hasil verifikasi faktual KPU Mamasa.

Senada itu, Ketua Panwaslu Mamasa Patrik, sekaligus Majelis Hakim Sidang pelanggaran KPU mengatakan pihaknya telah memberikan sanksi kepada KPU untuk melakukan verifikasi ulang bagi parpol yang dinyatakan belum memenuhi syarat sebab ditemukan tidak dilakukan verifikasi langsung oleh petugas verifikasi.

“Kami telah membacakan putusan sidang, dan pada prinsipnya, secara umum kami mengeluarkan putusan bahwa ada beberapa Parpol yang akan diverifikasi ulang,” bebernya.

Sementara itu, Divisi Hukum KPU Mamasa, Marthen Buntupasau mengatakan pihaknya akan menindaklanjuti putusan sidang Panwaslu untuk melakukan verifikasi ulang bersamaan jadwal sesuai keputusan Mahkama Konstitusi bersama dengan 14 Partai yang lain, mulai 30 Januari sampai 1 Februari.

Terpisah, Ketua KPU Mamasa Suryani T. Dellumaja menerangkan, meskipun telah menuai protes dari sejumlah Parpol yang dinyatakan tidak memenuhi syarat oleh panwaslu, namun pihaknya akan tetap melakukan verifikasi ulang sesuai jadwal yang ditentukan.

“Mau tidak mau, kita tetap melakukan verifikasi ulang sesuai keputusan Panwaslu meskipun beberapa Partai yang datang komplen ke kami,” terang Suryani kemarin. (mg1/smd)



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *