Tanamkan Spirit Al Maun, IPM Mamuju Santuni Fakir Miskin

oleh -182 views

sulbarexpress.fajar.co.id, MAMUJU – Salah satu kewajiban bagi pemeluk agama Islam ialah menyantuni fakir miskin bagi sebagian mereka yang memiliki harta lebih sebagaimana perintah dalam Alquran.

Berdasarkan atas hal itu, Ikatan Pelajar Muhammadiyah (IPM) Mamuju bertandang ke Lingkungan So’do, Kelurahan Mamunyu, Kecamatan Mamuju dengan agenda bakti sosial (baksos), Minggu 28 Januari.

Agenda baksos ini menjadi salah satu bagian dari pelaksanaan Pelatihan Kader Taruna Melati (PKTM) tingkat menengah. Merupakan perkaderan tingkat kedua diinternal IPM dan berlangsung sejak 25 hingga 29 Januari 2018.

Bakti sosial yang dilakukan yakni dengan memberikan bantuan berupa paket untuk keperluan sehari hari warga.

Ahmad Hamzah selaku Master of Training dari kegiatan PKMT II IPM Mamuju menuturkan, baksos yang diselenggarakan tersebut merupakan penjabaran dari sifat Al Ma’un atau saling menolong dan melakukan hal-hal berguna yang merupakan prinsip dasar pergerakan Muhammadiyah.

“Spirit Al Ma’un dipopulerkan oleh pendiri Muhammadiyah KH Ahmad Dahlan lebih dari seabad silam yakni dengan menyantuni fakir miskin dan kaum dhuafa. Alma’un merupakan nama dari salah satu surah dalam Alquran yang salah satu makna terkandung didalamnya terkait dengan pentingnya menyantuni fakir miskin dan anak yatim,” ungkapnya.

Sementara itu, Ketua umum IPM Sulbar, Syahril menjelaskan bahwa puluhan kader IPM dan peserta PKTM II ikut serta dalam pembagian paket kepada kaum dhuafa yang diselenggarakan kali ini.

Diharapkan nanti kepada para peserta usai kegiatan ini, spirit Al Ma’un senantiasa terpatri dalam pribadinya setiap kader masing-masing agar terus memberikan bantuan kepada pihak lain yang membutuhkan.

“Tetaplah memberi walaupun itu nilainya tidak begitu besar, tetapi insya Allah itu bisa memberikan manfaat yang luar biasa bagi yang menerima,” tandas Syahril. (bal/sol)



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *