Gubernur Sumbar Yakin HPN Dorong Pembangunan – Sulbar Express
Mamuju

Gubernur Sumbar Yakin HPN Dorong Pembangunan

Panitia HPN 2018 menyambut Ketua PWI Sulbar Naskah M Nabhan di Bandar Udara Internasional Minangkabau, Padang, Sumatera Barat, Selasa 6 Februari 2018.
sulbarexpress.fajar.co.id, PADANG – Peringatan Hari Pers Nasional (HPN) 2018  yang digelar di Provinsi Sumatra Barat (Sumbar) disambut penuh suka cita syukur Gubernur Sumbar Prof Dr H Irwan Prayitno.
Gubernur mengaku bersyukur karena peringatan hari pers telah disepakati dalam pleno pengurus PWI pusat pada 21 Maret 2017 silam.
“Bulatnya kesepakatan menetapkan Provinsi Sumbar sebagai tuan rumah HPN patut kami syukuri, karena begitu banyak daerah yang menginginkan pelaksanaannya di daerah masing-masing,” kata Irwan Prayitno dalam sambuatannya pada Buku Panduan HPN 2018 yang dibagikan kepada Peserta HPN, Selasa 6.Februari.
Perjuangan panjang dan upaya yang dilakukan PWI dengan Pemprov Sumbar dalam meyakinkan PWI Pusat membuahkan hasil. “Kini tiba saatnya pelaksanaan momentum perhelatan tahunan insan pers di Ranah Minang,” katanya.
Irwan mengungkapkan, sebagai tuan rumah yang baik dan wujud komitmen dari pemerintah daerah bersinergi dengan PWI Sumbar, pimpinan media massa, eksekutif dan elemen masyarakat lainnya, dia berupaya secara maksimal agar pelaksanaan HPN berjalan dengan baik dan sukses.
HPN 2018 Sumbar bertemakan ‘Meminang Keindahan di Padang Kesejahteraan’, tentunya menjadi sebuah kebanggaan daerah, sebab penyelenggaraan HPN bukan sebuah kegiatan seremonial semata, melainkan bertujuan untuk mendorong kemajuan pembangunan daerah Sumbar yang memiliki banyak cerita indah dan pesona wisata mesti didorong bersama masyarakat pers Indonesia untuk maju menjadi satu destinasi wisata unggulan nasional.
“HPN 2018 yang merupakan kegiatan terbesar masyarakat pers dan diselenggarakan di Sumbar serta puncaknya pada 9 Pebruari 2018 ini, tentulah mengingatkan kita pada catatan sejarah bagi Sumbar karena gagasan menjadikan 9 Pebruari sebagai Hari Pers Nasional muncul pada Kongres ke-16 PWI di Padang Sumatera Barat,” sebut Irwan Prayitno.
Sebelum acara puncak HPN, sejumlah kegiatan kegiatan yang berkaitan dengan pengembangan kualitas karya jurnalistik, seminar tentang sejarah pers dan kegiatan lainnya yang berkaitan dengan literasi serta kaitan dengan pembangunan daerah. “Sumbar semakin banyak dengan karya-karya yang dihasilkan wartawan nasional dari berbagai daerah akan datang ke Sumbar,” katanya.
Apalagi kata dia, Kementerian Komunikasi dan Informatika akan membantu merenovasi Museum Tokoh-tokoh Pers Nasional. “Diharapkan momentum HPN ini sudah harus ada prototype yang sudah bisa dinikmati masyarakat luas,” harap Irwan Prayitno.
Sudah saatnya kata dia, memberikan perhatian pada peninggalan tokoh-tokoh pers nasional terutama yang dari Sumbar mengingat provinsi ini juga penyumbang tokoh pers Nasional di era pergerakan nasional.
“Perjuangan tokoh pers tersebut perlu disebarluaskan sehingga tidak hanya menjadi milik masyarakat pers, tapi juga menjadi milik masyarakat Indonesia umumnya. Selamat menikmati keindahan alam dan kuliner selama di Ranah Minang,” tutup Irwan. (smd) 

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Most Popular

To Top