Papalang Ditunjuk Jadi Pelaksana MTQ Mamuju – Sulbar Express
Mamuju

Papalang Ditunjuk Jadi Pelaksana MTQ Mamuju

Pemkab Mamuju menggelar rapat persiapan MTQ tingkat Kabupaten Mamuju, di ruang pola lantai III Kantor Bupati, Selasa 6 Februari 2018.
sulbarexpress.fajar.co.id, MAMUJU — Pemerintah Kabupaten Mamuju kembali akan melaksanakan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) tingkat Kabupaten. Tahun ini Kecamatan Papalang ditunjuk sebagai penyelenggara event berlandaskan keagamaan tersebut.
Dalam rapat yang digelar di ruang pola lantai III Kantor Bupati Mamuju, Selasa 6 Februari. Pemkab Mamuju menetapkan pelaksanaan MTQ tingkat kabupaten Mamuju dibuka pada tanggal 25 Februari usai pelaksanaan Program Sahabat Rakyat di Kecamatan Tommo pada tanggal 23 hingga 24 Februari.
Kabag Kesra Sekretariat Pemkab Mamuju, Muhtar memaparkan bahwa pemerintah setempat atau Camat Papalang menyambut baik hal tersebut saat berkoordinasi dengan dirinya.
“Siap dilaksanakan di lapangan Dusun Pancasila, Desa Papalang, Kecamatan Papalang. Di sana sangat strategis karena banyak rumah, sehingga saya kira terkait rumah-rumah kafilah atau tempat menginap peserta MTQ itu sudah bisa dibicarakan,” papar Muhtar.
Muhtar pun berharap agar para peserta sudah dapat didata menjelang pelaksanaan event tersebut agar dapat segera dipersiapkan hal teknis yang lain.
“Kalau bisa minggu ini, jumlah peserta sudah masuk di Kementerian Agama,” tandasnya.
Sementara itu, Camat Papalang, Hardu mengungkapkan usai menerima surat dari Kabag Kesra, pihaknya langsung mengadakan rapat untuk menindak lanjuti hal tersebut. Akan tetapi ia mengungkapkan pihaknya tidak memiliki anggaran khusus terkait pembinaan keagamaan.
“Kami khususnya di Kecamatan Papalang sangat gembira mendengar bahwa Pemkab Mamuju mempercayakan wilayah kami sebagai tempat pelaksanaan MTQ. Setelah ini, mungkin kita harus turun ke bawah untuk rapat pemantapan antara Pemkab dan pengurus lokal MTQ setempat,” papar Hardu.
Kabag Kesra dan Camat Papalang pun akan terus berkoordinasi dengan Kemenag Mamuju perihal penyediaan sarana bagi peserta MTQ nanti.
“Terkait durasi MTQ nanti, saya kira dilihat dari kondisinya, tergantung jumlah peserta yang ada. Setelah fix laporan perihal jumlah peserta dari masing-masing kecamatan baru kita akan rapatkan lagi,” tambahnya.
Kepala Kemenag Mamuju, Syamsuri Halim yang hadir dalam rapat koordinasi tersebut mengapresiasi langkah Pemkab Mamuju yang intens berkegiatan dalam hal keagamaan.
“Saya kira dengan adanya fokus baru di pemkab Mamuju yaitu fokus ke bidang keagamaan, kiranya Bupati nanti bisa mendirikan lembaga taqfil untuk mengurus tilawah Alquran dan lainnya,” ungkap Kemenag Mamuju, Syamsuri Halim. (bal/sol)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Most Popular

To Top