Pasar Lembang Disiapkan Untuk IKM – Sulbar Express
Majene

Pasar Lembang Disiapkan Untuk IKM

TANDATANGAN MoU. Bupati Majene Fahmi Massiara menandatangani MoU kepada Kepala BDI Sulsel C.Elisa Katili, di Gedung BDI Makassar, belum lama ini.
sulbarexpress.fajar.co.id, MAJENE – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Majene menyediakan pasar tradisional (Pasar Lembang) Kecamatan Banggae Timur, bagi para kelompok Industri Kecil Menengah (IKM) di Majene.
Kepala Dinas Koperasi UKM Perdagangan dan Perindustrian Majene Hasdinar menuturkan, pasar tradisional bagi para kelompok IKM terletak di jalan provinsi jalur utama menuju Ibu Kota Makassar Sulsel-Mamuju Sulbar.
“Dari sisi pemasaran untuk hasil produksi, kita sudah siapkan pasar tradisional untuk para IKM, yakni Pasar Lembang,” sebut Hasdinar, saat mendampingi Bupati
Majene Fahmi Massiara pada penandatanganan perjanjian kerjasama Kepala Balai Diklat Industri (BDI) Sulsel C.Elisa Katili, di Gedung BDI Makassar, Senin 5 Februari.
Penandatanganan MoU, dirangkaikan pembukaan pengolahan ikan kepada 50 orang peserta IKM asal Majene dengan BDI Makassar tentang Diklat thre in one (3in1) yang akan diversifikasi pengolahan ikan berbasis kompetensi.
Bupati Majene Fahmi Massiara mengatakan, pelaksanaan Diklat industri bagi para IKM Majene merupakan penyebaran dan pemerataan pembangunan industri sebagaimana ketentuan pasal 14 ayat (1) Undang-undang Nomor 3 tahun 2014 Tentang Industri.
Dikatakan, banyak potensi di Majene yang dapat digunakan untuk menumbuhkan IKM yang saat ini belum dimanfaatkan khususnya berbahan baku ikan.
Secara geografis, Majene terletak pada posisi 2’38’45’ sampai dengan 3’38’15’ lintang selatan dan 11845’00’ sampai 1194’45’ bujur timur dengan batas, sebelah utara Mamuju, sebelah timur Polewali, sebelah selatan teluk Mandar dan sebelah barat selat Makassar.
Kata dia, Majene adalah salah satu dari 6 kabupaten di Sulbar, dengan panjang pantai mencapai 125 km yang terletak di pesisir pantai Sulbar memanjang dari
selatan ke utara dengan luas mencapai 947,84 km.
“Hampir seluruh panjang wilayah pantai Majene, mulai dari berbatasan Kabupaten Polman sampai Mamuju adalah pantai. Kondisi inilah sehingga berpotensi menunjang produksi dan ketersedianya bahan baku ikan,” urainya.
Kondisi itu lanjut Fahmi, akan terus mendorong dan memberikan dukungan kepada kelompok IKM Majene untuk mengembangkan keterampilan melalui pelatihan industri Diklat BDI Makassar.
“Saya berharap kepada pihak BDI Makassar agar jalinan kerjasama terus berlanjut, supaya para kelompok IKM Majene dapat mandiri,” harapnya.(hfd/smd)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Most Popular

To Top