Penerapan Permentan 2018, Peran dan Fungsi Tim TBS Ditingkatkan

oleh -193 views

sulbarexpress.fajar.co.id, MAMUJU – Gabungan Pengusaha Kelapa Sawit Indonesia (GAPKI) wilayah Sulawesi melaksanakan sosialisasi penguatan tim penetapan harga Tandan Buah Segar (TBS) di Hotel Maleo, Rabu 7 Februari.

Adapun peraturan menteri pertanian republik indonesia nomor : 01 / Permentan / KB. 120 / 1 / 2018 tentang Pedoman penetapan harga pembelian tandan buah segar kelapa sawit produksi pekebun.

Ketua Gapki Sulawesi Muhtar Tanong mengatakan permentan baru yang dikeluarkan oleh pemerintah merupakan penyegaran dari permentan sebelumnya.

“Dua permentan sebelumnya adanya perbedaan, sehingga dilahirkan permentan baru ini untuk menjadi penengah dari permentan sebelumnya,” kata Muhtar.

Ia menambahkan sosialisasi diadakan untuk membangun kesepahaman tim penetapan TBS saat melakukan rapat untuk menetapkan harga setiap bulannya.

“Permentan baru inilah yang menjadi acuan untuk menetapkan harga TBS setiap bulannya,” tambahnya.

Sedangkan, Kepala Bidang Perkebunan Sulbar Abdul Waris Bestari mengungkapkan adanya 16 orang dari berbagai lembaga yang ada dalam tim TBS diharapkan memahami regulasi dan tanggung jawab masing-masing.

“Mereka ini punya peran masing-masing seperti dinas perindustrian bagaimana memantau harga CPO dunia maupun yang ada di Indonesia supaya nantinya bisa jalan diskusi ketika kita akan menetapkan harga TBS,” tuturnya.

Waris juga menyampaikan pertemuan sosialisasi permentan yang diinisiasi oleh Gapki Sulawesi dengan Asosiasi Petani Kelapa Sawit Seluruh Indonesia (Apkasindo) Sulbar diharapkan bisa menguatkan tim kedepan.

“Mudah-mudahan kedepan penguatan tim penetapan bisa lebih baik lagi, kita berharap tim bisa berperan aktif dalam penetapan dan selalu berdiri independen untuk tidak merugikan siapapun,” harap Waris.

Sementara, Ketua Apkasindo Sulbar Andi Kasruddin menuturkan sangat mengapresiasi atas sosialisasi yang dilaksanakan, karena perlunya pemahaman bersama yang terkandung dalam permentan baru.

“Peran dan fungsi tim penetapan harga TBS sangat diharapkan untuk saling bersinergi, sehingga diadakannya kegiatan ini. Jadi segala yang diputuskan tidak merugikan para petani sawit di Sulbar,” tandasnya.(hab/sol)



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *