Beri Pemahaman Penanganan Pelanggaran, Panwaslu Siap Awasi Pemilu

oleh -95 views

sulbarexpress.fajar.co.id, PASANGKAYU – Memasuki tahapan pemilu tahun 2019 mendatang, puluhan staf Panwaslu Pasangkayu diberikan pengetahuan penanganan pelanggaran Pemilu.

Materi penerimaan laporan dugaan pelanggaran hingga prosedur penanganan, dibawakan langsung oleh Ketua Panwaslu Syamsudin, di ruang rapat kantor Panwaslu, Selasa 19 Februari.

Menurut Syamsudin kegiatan ini diselanggarakan untuk memberikan bekal atau modal bagi tenaga staf dalam menjalankan tugas dan fungsinya dalam bekerja di lapangan.

“Kita ingin staf bisa mengetahui apa yang menjadi tugas sebagai lembaga pengawasan. Dan harus paham undang-undang dan aturannya,” tegas Syamsuddin.

Kata dia, pengawas pemilu harus bersikap profesional hingga tingkatan staf.

“Kegiatan ini tentang tahapan proses pengawasan yang harus dilakukan panwas hingga cara menangani laporan atas dugaan pelanggaran dan menindak lanjutinya,” tambahnya.

Saat ini, lanjut Syamsudin, tahapan pemilu memasuki tahapan disahkannya 14 parpol sebagai peserta pemilu oleh KPU RI, itu bertanda, pengawasan sebagai lembaga pengawas pemilu sudah mulai padat.

“Dikeluarkanya 14 parpol sebagai peserta pemilu 2019 mendatang, kita pastikan tingkat pengawasan pemilu juga sangat tinggi, dengan begitu selain komisioner staf pada tingkat kabupaten hingga kecamatan juga harus mengerti tugas sebagai pengawas,” singkat Syamsudin. (ndi/sol)



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *