PPPA Sosialisasi Manfaat Daun Kelor

oleh -113 views

sulbarexpress.fajar.co.id, MAJENE – Selasa 20 Februari (Hari ini-red), Dinas Pemberdayaan perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) Majene, menggelar sosialisasi manfaat daun kelor.

Kegiatan ini akan, digelar di B’Nusabilah Majene, dengan melibatkan pemateri ahli gizi dari Universitas Hasanuddin (Unhas) untuk memaparkan terkait besarnya manfaat daun kelor bagi kesehatan dan peningkatan gizi serta protein yang bisa menjadi alternatif pemenuhan gizi balita.

Kepala Dinas PPPA Majene DR Ahmad mengemukakan, akan menjadikan daun kelor sebagai alternatif untuk memenuhi gizi pada anak dan balita.”Akan dilakukan penanaman bibit kelor setelah sosialisasi ini,” sebut Ahmad, Senin 19 Februari.

Pemanfaatan daun kelor lanjutnya, tidak hanya pada anak-anak saja, tetapi juga akan disosialisasikan kepada seluruh masyarakat untuk mengomsumsinya sebagai pengganti protein dalam susu.

Menurut Ahmad, daun kelor mengandung gizi tinggi dan memiliki kelebihan ketimbang susu segar.” Daun kelor memiliki kandungan protein, zat besi yang cukup tinggi serta vitamin lainnya,” jelasnya.

Ahmad mengatakan, konsumsi daun kelor di Majene masih terbatas lantaran pemahaman masyarakat tentang manfaat masih minim.”Kita akan mengubah persepsi, melalui sosialisasi untuk mengenalkan daun kelor ke masyarakat,” ujar mantan Camat Malunda itu.

Ia berharap, daun kelor dapat menjadi alternatif pencegahan gizi buruk di Majene.”Meski penderita gizi buruk tidak ada di Majene, tapi kita tetap melakukan pencegahan dengan mengomsumsi daun kelor,” katanya.

Ia menambahkan, anak perlu asupan gizi yang layak, karena umumnya penderita gizi buruk umumnya dari keluarga ekonomi rendah.

“Produk olahan daun kelor ini bisa menjadi solusi, meski tidak menjadi makanan utama, tapi mampu melengkapi kebutuhan protein atau gizi bagi tubuh anak,” tuturnya.

Kepala Bidang PHP, PKA dan PHA Dinas PPPA Majene Dullah Masa juga menambahkan, selain baik untuk anak-anak, kandungan zat besi pada daun kelor juga cocok dikonsumsi ibu hamil.

“Harapan kami, melalui sosialisasi besok, seluruh stakeholder yang kita undang, seperti pihak TP-PKK, Kodim 1401 Majene, Dinas Kesehatan Majene, serta sejumlah instansi yang terkait lainnya, dapat lebih mendukung pelaksanaan kegiatan pemanfaatan daun kelor,” harap mantan Sekcam Banggae itu.(hfd/smd)



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *