Hunian Rusun Menunggu Serah Terima Kementerian

oleh -157 views

sulbarexpress.fajar.co.id, POLEWALI – Rumah susun (Rusun) yang dibangun di atas lahan Pemerintah Kabupaten Polewali Mandar tepatnya di Lingkungan Perumtel Kelurahan Madatte Kecamatan Polewali telah rampung. Rusun dengan jumlah 114 kamar bahkan telah dilengkapi dengan berbagai fasilitas.

Pejabat Sementara (PJs) Kepala Dinas Pertanahan dan Pemukiman Andi Mahadiana Jabbar mengatakan bahwa setiap kamar rusun telah dilengkapi fasilitas seperti dua tempat tidur, kursi, meja belajar dan lemari pakaian.

“Semuanya sudah lengkap untuk furniturenya disetiap kamar, bahkan air dan listrik juga sudah bisa digunakan, sehingga masyarakat yang ingin menyewa rusun tinggal masuk saja karena semua fasilitas sudah lengkap,” kata Mahadiana.

Ia menambahkan untuk besaran sewa yang akan diterapkan, pihaknya belum menentukan berapa besaran tarif untuk kamar disetiap lantai, karena selain masih menunggu penyerahan rusun tersebut dari Kementerian PUPR juga pihaknya masih melakukan studi banding ke daerah-daerah yang telah melakukan pengelolaan rusun.

“Sambil menunggu penyerahan dari kementerian kita siapkan langkah yakni pertama melakukan studi banding pengelolaan rusun ke Jeneponto, Bantaeng dan Makassar yang lebih dulu mengelola rusun agar pengelolaan rusun ini bisa benar-benar bagus apalagi ini merupakan salah satu sumber penghasilan daerah nantinya,” tambahnya.

Ia memastikan bahwa rusun ini hanya diperuntukkan bagi masyarakat berpenghasilan rendah, sementara pengelolaan kebersihan rusun sudah diusulkan agar dibentuk satu UPTD yang mengelola rusun yang kemudian berkoordinasi dengan pihak kelurahan untuk pengelolaan kebersihan dan keamanannya.

“Sementara untuk petugas yang bertugas diprioritaskan direkrut dari masyarakat kelurahan setempat begitupun untuk penghuni rusun diprioritaskan masyarakat sekitar lantaran masih banyak warga Madatte yang belum miliki rumah,” tandasnya.(ali/hab)



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *