Paspor CJH Ditarget Rampung Bulan Maret

oleh -153 views

sulbarexpress.fajar.co.id, POLEWALI – Pembuatan paspor Calon Jemaah Haji (CJH) di Polewali Mandar ditarget rampung pada bulan Maret tahun ini.

Kepala Seksi Pelayanan Haji Kemenag Polman M. Athar mengatakan saat ini dari 500 CJH yang akan di berangkatkan pada musim haji tahun 2018 baru 235 CJH yang telah memiliki paspor.

“Maret itu sudah harus selesai karena kita akan kirim ke provinsi lalu kemudian provinsi mengirim ke pusat, termasuk pasport CJH yang berangkat umrah sebelum pelaksanaan haji harus rampung akhir Maret” kata M. Athar, Senin 26 Februari.

Ia juga menyampaikan paspor merupakan salah satu persyaratan penting yang harus dipenuhi CJH untuk bisa menunaikan ibadah haji. Dari batas waktu pendaftaran yang diberikan oleh Imigrasi Polewali yang membawahi tiga Kabupaten yakni Majene, Mamasa dan Polman, para CJH harus mendapatkan rekomendasi dari seksi pelayanan haji Kemenag untuk memastikan bila mereka itu adalah calon haji yang terdaftar.

“Selain 175 Jemaah yang telah selesai diurus paspornya, Ada juga 60 orang Jemaah yang telah memiliki paspor karena sebelumnya telah pernah berangkat umrah ataupun pernah bepergian keluar negeri,” ungkap Athar.

Sementara, lanjut M.Athar biaya pengurusan paspor masih tetap sama dengan tahun sebelumnya yang ditetapkan oleh pihak Imigrasi yakni Rp 255 ribu. Kata dia, saat ini jumlah CJH Polman yang masuk daftar tunggu mencapai 9.387 dengan estimasi waktu tunggu 19 tahun.

Selain itu, antusias masyarakat untuk menunaikan ibadah haji setiap tahun meningkat setiap hari masyarakat yang melakukan pendaftaran haji mencapai 10 sampai 15 orang perhari.

“Rata-rata pertahun pendaftar CJH itu mencapai 1.300 orang. Sementara kuota haji hanya 500 pertahun,” tandasnya.(ali/hab)



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *