Outbound Peningkatan Wawasan Kebangsaan, Merangsang Jiwa Solidaritas Wartawan Indonesia

oleh -124 views

Selasa 27 Februari menjadi hari kedua kegiatan sosialisasi peningkatan pemahaman hak konstitusional warga negara bagi wartawan media massa cetak, TV, radio, dan online se-Indonesia oleh Mahkamah Konstitusi bekerjasama dengan Dewan Pers.

Catatan: HABLUDDIN
Bogor, Jawa Barat

PARA peserta sebanyak 154 orang dari berbagai daerah se-nusantara mengikuti outbound dengan melakukan lima checkpoint (Pos).

Kerja tim serta solidaritas tinggi sesama pers tidak pernah menyerah baik yang sudah orang tua maupun yang muda. Tetapi semangatnya tidak kendor untuk menyelesaikan outbound.

Fasilitator pertama Cristine Zu mengatakan kondisi ekstrem dengan hujan deras tidak akan mematahkan semangat teman-teman dalam menyelesaikan outbound.

“Kita hanya ada dua yang bisa kita rasakan yakni mereka melakukan perjalanan, mereka berada dalam situasi yang tidak nyaman dan ada dua pilihan bergerak maju atau menyerah. Tapi hanya satu kata yang kita rasakan yaitu kebersamaan,” kata Cristine.

Sementara, Fasilitator kedua Suryo AB menyampaikan negara Indonesia berkembang seiringnya perkembangan zaman tidak lepas peran media.

“Menjaga negara kita ini selama ini yang selalu kita tahu adalah TNI, tapi dengan majunya negara kita dan ditambah semakin berkembangnya tekhnologi yang menjaga negara kita adalah kalian (pers),” ungkap Suryo.

Olehnya itu, lanjut Suryo, wawasan kebangsaan sangat perlu dipahami pekerja pers di Indonesia agar memahami betul peran dan tupoksi dalam memberikan informasi kepada masyarakat.

“Mari kita menjaga negara kita dari berbagai ancaman serta tantangan dunia yang terus berkembang saat ini,” ujarnya.

Sedangkan, Fasilitator ketiga Adi Waluyo menuturkan bahwa kegiatan outbound yang diikuti pekerja pers memiliki nilai-nilai kebersamaan dan solidaritas.

“Apa yang kita lakukan hari ini akan menjadi cerita kita masing-masing di daerah asal kita yang tidak akan pernah dirasakan di tempat lain dengan saling membangun kebersamaan meskipun baru kenal,” tandasnya. (**)



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *