Ingatkan Netralitas ASN Panwaslu Surati OPD

oleh -88 views

sulbarexpress.fajar.co.id, MAMASA – Guna menjaga agar Aparatur Sipil Negara (ASN) tetap netral serta terhindar dari pelanggaran pidana dalam pemilihan bupati dan wakil bupati, Panitia Pengawasan Pemilihan Umum (Panwaslu) Kabupaten Mamasa menyurati seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Lingkup Pemerintah Kabupaten Mamasa.

“Ini dilakaukan sebagai bentuk pencegahan dini supaya jangan terjadi pelanggaran, mengingat Pilkada Mamasa sudah masuk masa kampanye,” ungkap Devisi Pencegahan dan Hubungan Antar Lembaga, Panwaslu Mamasa, Rustam, Kamis 1 Maret.

Sebelumnya Panwaslu sudah melakukan hal yang sama, dimana November 2017 lalu, pihaknya lebih dulu menyurati camat dan kepala desa se-Kabupaten Mamasa terkait pencegahan dini.

“Ini tinggal melanjutkan hal yang sudah dilakukan sebelumnya, dimana sekitar 181 desa dan 17 kecamatan sudah kita surati peringatan dini, terkait netralitas ASN dan aparatur desa,” lanjut Rustam.

Dalam surat edaran tersebut, Panwas telah mencantumkan pasal-pasal pelanggaran yang mengatur netralitas ASN dan tindak pelanggaran pidana pemilihan kepala daerah (Pilkada) 2018 dan Pemilihan Umum (Pemilu) 2019.

Isi ederan telah diatur Undang-undang Nomor 10 tahun 2016 Tentang penetapan peraturan pengganti undang-undang Nomor 1 Tahun 2014, dan Undang-undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilihan Umum.

“Ini kita harapkan supaya betul-betul pemilihan di Kabupaten Mamasa ini berjalan demokratis. Dan ASN juga bisa menempatkan dirinya sebagai pelayan publik yang tidak terlibat dalam politik praktis, sehingga pelayanan publis dapat berjalan dengan baik dan tidak terganggu,” harapnya. (mg1/smd)

 



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *