Kadisdikpora Imbau Guru Tingkatkan Kompetensi

oleh -157 views

sulbarexpress.fajar.co.id, MAJENE – Demi terwujudnya proses belajar mengajar yang maksimal Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Majene, Muhammad Ashar Malik mengimbau para guru untuk meningkatkan kompetensinya.

“Untuk kesuksesan proses belajar mengajar guru sebagai tenaga pendidik yang berhubungan langsung dengan peserta didik harus memiliki keahlian atau kualifikasi khusus (Akademik) dan kemampuan pemahaman terhadap peserta didik,” tutur Ashar, pada pembukaan Wika Mengajar, di aula SMPN 5 Tande, Rabu 27 Februari.

Apabila guru kurang terampil dalam mengajar kata Ashar, maka akan menjadi hambatan tersendiri dalam proses kegiatan belajar mengajar (KBM) di sekolah.

“Kalau gurunya cerdas, tentu anak didiknya juga cerdas. Begitu pula sebaliknya, kalau gurunya rendah akademiknya, tentu siswanya sulit meraih prestasi,” urai Ashar dihadapan para guru SMPN 5 Tande.

Menurutnya, guru penting memiliki kompetensi akademik agar dapat menjelaskan kepada siswanya tentang ilmu yang akan dipelajari.

“Guru yang memiliki kompetensi akademik dan pedagogik otomatis banyak penjelasan yang diberikan kepada siswanya, tentang pelajaran pada kegiatan KBM,” bebernya.

Selain itu, terkait kompetensi pedagogik, diperlukan dalam proses KBM yang didalamnya terdapat seni pembelajaran yang dapat menarik minat siswa untuk mempelajari ilmu yang diberikan.

“Guru menjadi tokoh sentral yang berfungsi agar murid tertarik dengan ilmu yang diberikan,” cetusnya.

Dikatakan, tugas seorang guru bukan hanya sekedar membagikan ilmu kepada siswanya, lebih dari itu prosesnya harus ditunjang dengan kompetensi akademik dan pedagogi yang baik.

“Untuk keberhasilan transfer ilmu itu memang diperlukan latihan dan pelatihan terhadap guru agar lebih profesional dalam tugasnya,” katanya.

Hadir dalam Wika Mengajar, Manajer Program dan Tim PT Wika Jakarta Indhiawan Yuniar Iswono bersama sejumlah anggotanya, Kepala SMPN 5 Tande bersama para guru kelas, pengawas sekolah serta ketua komite, tokoh masyarakat, serta sejumlah undangan lainnya.(hfd/smd)



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *