Sosialisasi MK-Dewan Pers, Anwar : Pena Negara Ada di Tangan Pers

oleh -201 views

sulbarexpress.fajar.co.id, BOGOR – Sosialisasi peningkatan pemahaman hak konstitusional warga negara bagi wartawan yang dilaksanakan Mahkamah Konstitusi bekerjasama dengan Dewan Pers resmi ditutup, Kamis 1 Maret.

Wakil Ketua MK Anwar Usman mengatakan sosialisasi yang diselenggarakan MK mudah-mudahan menambah ilmu dan pengetahuan baru bagi insan pers tentang konstitusi Indonesia.

“Semoga pers senantiasa menjadi sahabat MK dalam mengawal tata negara bangsa ini dan menegakkan hukum seadil-adilnya,” kata Anwar.

Ia menambahkan berbagai upaya yang dilakukan MK untuk menjaga sistem demokrasi yang terjadi di negeri ini. Maka keberadaan media menjadi keharusan dalam berdemokrasi dan penegakkan hukum.

“Peran pers sangat dibutuhkan dalam menyampaikan informasi kepada masyarakat dan menjadi signifikan bagi bangsa maupun negara,” tambahnya.

Ia juga menyampaikan sistem hukum yang terus dijaga di negeri ini terus mengalami dinamika, berbagai upaya telah dilakukan MK sesuai tupoksinya, meskipun setiap putusan yang dilahirkan selalu ada pro dan kontra. Begitupun pada media terjadinya dinamika didalamnya.

“Mari kita berperan masing-masing dalam menjaga bangsa dan negara yang sudah tercantum dalam konstitusi yang tertuang dalam Undang-undang 1945,” ungkap Anwar.

Sementara itu, perkembangan negara dan bangsa tergantung peran media dalam mengambil dan mengawal sistem pemerintahan yang dijalankan negeri ini.

“Pena negara ini ada di tangan kalian semua sebagai insan pers yang profesional. Jadi berkembangnya bangsa dan negara tergantung dari insan pers,” terangnya.

Selain itu, dalam menerapkan dan menegakkan hukum di Indonesia tidak terlepas dari tiga sistem hukum yang mesti dijaga untuk mencapai cita-cita negara.

“Hukum sebagai sarana untuk mencapai cita-cita bangsa. Ada tiga yang mesti kita selalu jaga yakni struktur hukum, subtansi hukum dan budaya hukum. Jika ketiga ini tidak terpenuhi maka akan sulit mencapai tujuan hukum itu sendiri,” tandasnya. (hab/sol)



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *