Enam Pucuk Senjata Rakitan Dimusnahkan

oleh -178 views

sulbarexpress.fajar.co.id, POLEWALI – Kepolisian Sektor Binuang Kabupaten Polman memusnahkan enam pucuk barang bukti benda rakitan yang menyerupai senapan spirtus dengan bahan dasar pipa paralon ukuran dua inchi dan rangkaian kabel yang disita pada awal bulan januari lalu di halaman Mapolsek Binuang, Rabu 7 Maret.

Kapolsek Binuang Iptu Ramli mengungkapkan kronologis penyitaan senjata rakitan ini berawal dari informasi masyarakat kemudian dilakukan penelusuran sehingga pihaknya meminta keterangan dari pemilik senjata Ratiman Alias Guntur Alias Rahman (43 Thn) pekerjaan swasta beralamat Desa Lemo Baru Desa Kuajang Kecamatan Binuang Kabupaten Polman.

“Setelah dilakukan pendalaman ternyata senjata ini digunakan untuk mengusir hewan liar seperti babi dan monyet sehingga kita tidak menetapkan tersangka,” kata Ramli.

Ia menambahkan sebelum pemusnahan, terperiksa Ratiman Alias Guntur mempraktekkan cara pembuatan senjata rakitan tersebut dari bahan dasar pipa dan rangkaian kabel serta menggunakan alat perkakas obeng, Tang, gergaji dan Solder. Dalam pengungkapannya diperoleh pengakuan dari terperiksa bahwa benda rakitan ini dibuat dan dijual dengan harga bervariasi yang diperuntukkan dalam mengusir hewan buas dihutan.

“Lelaki terperiksa ini berasal dari Provinsi Jawa Tengah,” ungkap Iptu Ramli.

Selain itu, setelah terperiksa mempraktekkan cara pembuatan selanjutnya barang bukti berupa enam pucuk benda rakitan siap pakai dan beberapa bahan-bahan pembuatan lainnya seperti pemantik korek gas dan amunisi dari kelereng yang telah dibuat dimusnahkan dengan cara dibakar.

“Kita juga memberikan surat pernyataan yang intinya tidak akan mengulangi perbuatan perakitan senjata lagi,” tandasnya. (ali/hab)



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *