Satlantas Gelar Operasi Siammasei, Sebanyak 38 Pengendara Ditilang

oleh -94 views

sulbarexpress.fajar.co.id, POLEWALI – Dari ratusan perkara, sejak operasi siammasei digelar mulai tanggal 5 hingga 13 maret, sekira 38 orang pengendara pelanggar aturan berlalu lintas dikenakan sanksi tilang.

Data perkara sanksi tilang dan teguran yang dikeluarkan oleh Satuan Polisi Lalulintas Polres Polewali Mandar sejak Operasi Siammasei berlangsung menunjukkan bahwa tingkat kesadaran berlalu lintas masih rendah.

Kasatlantas Polres Polman AKP Paulus Pathibang mengatakan dari 245 perkara laporan operasi Siammasei 2018 sekira 38 dikenakan surat tilang yakni 35 unit motor, dua unit mobil penumpang serta satu mobil barang, adapun pengendara yang kena tilang ini mayoritas berstatus sebagai mahasiswa dan pelajar.

“Operasi keselamatan ini lebih kepada memberikan teguran, penyadaran kepada masyarakat, karena masih ada masyarakat yang tidak memperhatikan keselamatan pengendara lainnya,” kata Paulus Pathibang.

Ia menambahkan pengendara yang diberikan sanksi tilang yakni tidak dapat menunjukkan SIM, tidak memasang plat kendaraan, tidak menggunakan helm standar SNI.

“Untuk pengendara yang diberikan sanksi teguran yakni pengendara yang tidak memasang tali pengaman helm dan untuk pengendara roda empat yang ditegur apabila tidak memasang sabuk pengaman,” tambahnya.

Paulus Pathibang juga menyampaikan bahwa lokasi operasi Siammasei berpindah-pindah tempat selain ketempat rawan dan titik-titik jalan lainnya juga waktu operasi berubah-ubah terkadang digelar malam, sore, dan pagi hari, Sementara terkait dengan pengendara yang menyetir sambil merokok Kasatlantas menyampaikan bahwa pihaknya memberikan teguran kepada pengendara tersebut.

“Kita meminta agar tidak melakukannya lagi, karena dapat memicu terjadinya kecelakaan lalu lintas,” ungkap Paulus Pathibang.

Selain itu, Kasatlantas Polres Polman yang genap berusia 48 Tahun di hari Selasa, 13 Maret ini berharap kesadaran masyarakat berlalulintas semakin meningkat dan ketertiban berlalulintas semakin tinggi. Berbagai surprisepun yang didapatkan Kasatlantas Polres Polman yang masuk usia ke 58 tahun.

“Mulai dari tadi malam sudah ada kejutan diberikan sama anggota, ini merupakan moment keakraban untuk semakin kompak kedepan dalam menjaga ketertiban berlalu lintas,” tandasnya.(ali/hab)



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *