Persiapan Pembentukan Pantarlih, KPU Rekor Bersama Kades dan PPS – Sulbar Express
Demokrasi

Persiapan Pembentukan Pantarlih, KPU Rekor Bersama Kades dan PPS

KPU menggelar rapat bersama PPS dan kepala desa se Kabupaten Pasangkayu, sebelum pembentukan Pantarlih, akhir pekan kemarin.

sullbarexpress.fajar.co.id, PASANGKAYU – Untuk memastikan proses pembentukan Panitia Pendaftaran Pemilih (Pantarlih) berjalan dengan baik, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pasangkayu menggelar rapat koordinasi bersama kades se Kabupaten Pasangkayu.

Ketua KPU Kabupaten Pasangkayu Ishak Ibrahim menjelaskan, rekor bersama ini merupakan ruang komunikasi dan koordinasi kepada pihak penyelenggara tingkat desa yakni, PPS bersama kepala desa sebelum pembentukan Pantarlih.

“Pantarlih merupakan petugas pendaftaran pemilih. Kita menginginkan Pantarlih yang bisa bekerja dengan baik, dengan begitu Pantarlih yang akan dibentuk hasil koordinasi dengan kepala desa,” ungkap Ishak.

Menurut Ishak, kewenangan Pantarlih dalam proses pemutakhiran data pemilih pemilu sangat besar. Karena berperan dalam proses entry data, menghapus, menambah, dan memperbaiki data pemilih, serta mengumumkan daftar pemilih kepada masyarakat.

“Pelaksana pemilu di atasnya, seperti PPK, KPU Kabupaten, KPU Provinsi, dan KPU tidak memiliki kewenangan melakukan perubahan data pemilih tanpa usulan dan persetujuan PPS dalam hal Pantarlih,” jelasnya.

Ishak juga menjelaskan Pantarlih menjadi ujung tombak kedua bagi KPU, setelah PPDP (Petugas Pemutakhiran Daftar Pemilih), yang langsung berhubungan dengan pemilih. PPS menurutnya juga memiliki pengetahuan dan kedekatan dengan warga sebagai pemilih.

“Karena itu kepada jajaran PPS dibantu Pantarlih harus segera mempersiapkan pelaksanaan pemutakhiran dan penyusunan daftar pemilih,” paparnya.

Anggota KPU Devisi Data Harly Wood menambahkan dalam pembentukan Pantarlih nantinya, PPS bisa lebih aktif melakukan koordinasi kepada kepala desa, sehingga nantinya dalam pembentukan tidak ada masalah.

“Berdasarkan aturan yang kita pakai dalam pembentukan Pantarlih, sebagaimana disebutkan adalah yang bisa dijadikan Pantarlih adalah staf desa yang mendapat rekomendasi dari kepala desa. Jadi baik koordinasi yang harus kita utamakan, biar berjalan dengan baik dan tidak ada masalah,” singkat Harly. (ndi/sol)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Most Popular

To Top