Wujudkan Ketahanan Pangan, Babinsa Giatkan Pendampingan Petani

oleh -146 views

sulbarexpress.fajar.co.id, POLEWALI – Kemanunggalan TNI dengan rakyat, kembali dibuktikan dengan keterlibatan Bintara Pembina Desa (Babinsa) Koramil 1402-02/Wonomulyo jajaran Kodim 1402 Polmas Serma Arbiansyah mendampingi petani melakukan panen padi milik kelompok tani Harapan Maju seluas 5 Ha dengan hasil 7 Ton/Ha di Desa Tonro Lima Kecamatan Matakali, Kabupaten Polewali Mandar, Jumat 15 Maret.

Keseriusan Prajurit TNI AD, khususnya para Babinsa Jajaran untuk ikut mensukseskan ketahanan pangan benar-benar terealisasi di wilayah Kabupaten Polewali Mandar, sehingga hasil panen padi masyarakat di wilayah binaan mampu meningkatkan produksi yang lebih baik dari periode sebelumnya.

Dalam kondisi apapun, para Babinsa tetap melakukan pendampingan Upsus Pajale (Padi, Jagung dan Kedelai) dalam rangka ketahanan pangan Nasional mulai dari pengolahan lahan, perawatan hingga panen bahkan serapan gabah petani oleh Bulog, karena sejatinya tugas Babinsa harus selalu membantu warganya dalam mengatasi kesulitan yang dialami.

Komandan Kodim 1402/Polmas Letkol Arh Dedi Setia Arianto mengatakan apa yang dilakukan para Babinsa jajaran Kodim 1402/Polmas itu, merupakan bagian dari program pemerintah dalam mensukseskan swasembada pangan nasional sesuai dengan Penandatangan MoU Kementan dan TNI sekaligus meningkatkan peran aktif kemanunggalan TNI dengan Rakyat.

“Pelibatan TNI sendiri sudah dilaksanakan sejak sejak tahun 2012 dengan membuat MoU antara Kementan dan TNI yang dituangkan dalam Nota Kepahaman Nm 3/MoU/PP.310/M/4/2012. Ini merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari membangun ketahanan pangan dan ketahanan nasional sehingga tidak ada yang salah dalam mendukung kedaulatan pangan,” Jelas Dandim

Ia menambahkan Babinsa merupakan ujung tombak TNI selaku aparat Komando kewilayahaan yang langsung bersentuhan dengan masyarakat, sehingga diharapkan mampu mendorong petani produktif yang ada diwilayah binaan masing-masing.

“Sehingga mampu meningkatkan produksi swasembada pangan demi mencapai target di wilayah teritorial Kodim 1402/Polmas,” tandasnya. (ali/hab)



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *