MTQ VII Tingkat Kabupaten, Bambalamotu Komitmen Turunkan Qori Lokal

oleh -73 views

 

sulbarexpress.fajar.co.id, PASANGKAYU – Sesuai jadwal, besok tanggal 27 Maret di Kecamatan Sarjo akan dibuka perhelatan akbar tingkat Kabupaten di Pasangkayu, yakni Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ).

Tentunya kesiapan 12 kecamatan sudah disiapkan, tak terkecuali kecamatan Bambalamotu yang notabene 2 tahun terakhir terkuat 4 besar.

Camat Bambalamotu, Masra Djohar saat di konfirmasi, Minggu 25 Maret menjelaskan, bahwa kecamatan Bambalamotu adalah salah satu kecamatan di Kabupaten Pasangkayu yang dipastikan turut serta ambil bagian dalam setiap cabang lomba yang
dipertandingkan,

“Kami beserta seluruh stakeholder telah berkomitmen untuk menurunkan peserta lokal dan memprioritaskan dari dalam kecamatan sendiri. Ini kita maksudkan demi pengembangan Qari dan Qari’ah lokal yang akan siap tampil pada ajang kompetisi kontes Alquran berikutnya,” kata Masra.

Konsekuensi melibatkan ataupun menampilkan peserta lokal saat ini merupakan keharusan dan kesepakatan stakeholder dari 2 tahun terakhir ini, meski kemungkin akan siap tampil dengan jumlah peserta yang terbatas.

“Saya kira itu tidak menjadi masalah selama tujuannya adalah untuk pembinaan generasi calon audisi bibit berbakat di bidang seni Alquran di daerah kita. Sehingga kedepan akan bermunculan generasi muda yang memahami tajwid, makharijul huruf dan syarat baca Alquran lainnya,” sambung Masra.

Ia menyakini, MTQ sebagai salah satu syiar Islam dan juga pada prinsipnya adalah untuk mendekatkan jiwa umat Islam kepada kitab suci dan meningkatkan semangat membaca, mempelajari serta mengamalkan Alquran itu sendiri. Sehingga dimensi Emotional Spiritual Quotien (ESQ) pengendalian kecerdasan emosi dan spiritual dapat melebur dalam diri setiap peserta.

“Jadi bukan hanya sekedar ikut lomba, dapat juara, pulang bawa piala setelah itu nilai-nilai yang terdapat dalam Alquran ditinggalkan,” ungkap Masra.

Diakhir kata, Masra mengajak masyarakat Bambalamotu untuk bersama menyukseskan MTQ tingkat Kabupaten Pasangkayu di Sarjo. Semoga sukses senantiasa menyertai setiap langkah dalam membendung generasi muda dari pengaruh negatif di tengah derasnya arus budaya asing yang melanda negeri.

“Tentunya dengan semboyan bersama, siapapun keluar jadi juara, maka pemenangnya adalah kita semua,” harap Masra. (ndi/sol)



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *