Peduli Sesama, Wujud Bakti IKAHI Polewali

oleh -111 views

sulbarexpress.fajar.co.id, POLEWALI – Hakim Pengadilan Negeri (PN) Polewali menggelar bakti sosial membagikan 100 karung beras dan donor darah, kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka memperingati hari jadi Ikatan Hakim Indonesia (IKAHI) ke 65, Jumat 23 Maret.

Adapun Baksos yang dilakukan tiap satu karung beras berisi lima kilogram dan dibagikan kepada masing-masing pengemudi becak motor (Bentor) yang di undang hadir, sehingga ruang sidang pun disulap menjadi tempat acara dengan tema “IKAHI Bertekad Menjaga Integritas Hakim” di kantor PN Polewali.

Pelindung IKAHI Cabang PN Polewali Herianti mengatakan ruang sidang memang sengaja dibuat sedemikian rupa untuk menjalin keakraban dan silaturahmi, dimana seratus pengemudi bentor berbaur bersama para majelis Hakim, unsur pimpinan Bank BRI dan BNI cabang Polewali, serta puluhan hadirin lainnya.

“Bapak-bapak bukan mau disidang tapi disini bersama sama kami mengucap syukur di hari jadi ke 65 IKAHI, sebagai Hakim saya sangat terharu sekali setiap hymne IKAHI diperdengarkan, khususnya yang paling mengharukan bagi kami seorang hakim ialah kalimat Tuhan lindungilah kami dan bimbinglah kami,” kata Herianti.

Ia menambahkan tema kali ini lebih memfokuskan pada bakti sosial, karena seorang hakim juga adalah insan manusia yang diharap mampu memberi manfaat terhadap sesama, olehnya, Heriyanti selalu merujuk pada ilmu agama yang ia fahami untuk selalu menjadikan diri menjadi pribadi yang bermanfaat.

“Sebaik-baik manusia adalah yang bermanfaat bagi sesama, mengapa kami bertekad memberikan sedekah maupun darah, karena sedekah itu membuka kran rejeki,” jelasnya.

Menurutnya, profesi seorang hakim merupakan bagian dari masyarakat. Sebab apapun itu hakim tak bisa lepas dari mitra masyarakat, sehingga IKAHI bertekad berkontribusi nyata.

“Seperti donor darah dan pemberian sembako yang kami anggap sangat penting bagi masyarakat,” ungkap Heriyanti.

Heriyanti juga berpesan bahwa tidak semua rezeki dari tuhan bersifat harta benda, lantaran biar bagaimanapun rezeki baginya adalah diberi nikmat kesehatan, anak yang sehat serta dikelilingi orang-orang baik itu sudah termasuk rezeki yang patut disyukuri, Ia berharap kegiatan positif ini dapat menular pada instansi lain karena pada prinsipnya berbagi itu indah.

“Kami juga mengundang dari pihak perbankan mana tahu hatinya tergerak melakukan bakti sosial serupa dengan kami. Semoga saja darah dan bingkisan yang kami sumbangkan berkenan dihati,” ungkap Heriyanti.

Ia menambahkan PN Polewali saat iniĀ  membawahi 33 kecamatan serta dua kabupaten yakni Polman dan Mamasa, dengan jumlah Hakim hanya lima orang yang semuanya berasal dari daerah berbeda, Namun baginya itu tak jadi soal sebab dimana kaki dipijak disitulah langit dijunjung.

“Saya tiga tahun minum air mandar berarti saya sudah termasuk orang mandar, saudara dan keluarga saya ada di Medan tapi keluarga terdekat saya adalah masyarakat Polman tercinta,” ujarnya.

Selain itu, Heriyanti juga menitip harapan kepada masyarakat serta unsur Muspida Polman untuk senantiasa mengawal para hakim disetiap pelaksanaan tugas. Selaku pelindung IKAHI dirinya selalu meminta para hakim untuk saling mengingatkan dalam menjaga integritas sebab disitu ada sikap kepemimpinan.

“Kontrol ke kami supaya kami bisa melaksanakan tugas, sesuai tupoksi kami dalam penegakan hukum dan memberi rasa keadilan ke masyarakat,” terangnya.

Salah satu pengemudi Bentor Rusdi yang mendapatkan bingkisan sembako mengucapkan rasa terima kasih atas kepedulian para hakim kepada masyarakat kaum marjinal.

“Tak disangka kalau tadi diundang dapat beras,” ucapnya sembari tersenyum sumringah.

Sementara itu, ditempat yang sama, Ketua IKAHI Polman Ida Bagus Oka mengungkapkan akan berupaya maksimal mengutamakan pelayanan ke masyarakat, karenanya pembagian sembako dan donor darah adalah rasa wujud syukur dan wujud bakti IKAHI demi meningkatkan jalinan tali silaturahmi dan kepedulian sosial kepada masyarakat khususnya kepada mereka yang perlu mendapatkan bantuan.

“Inilah wujud partisipasi kami kepada masyarakat yang menurut kami sangat bermanfaat,” urainya.

Pada acara HUT IKAHI kali ini, Heriyanti membagikan masing masing satu porsi makanan kepada empat hakim PN Polewali yakni Ida Bagus Oka, Rahmat, Adnan Sagita, serta hakim termuda Hamsira Halim, bahkan pimpinan perbankan serta perwakilan pengemudi Bentor tak luput dari pembagian satu porsi makanan sehat ala Ketua PN Polewali ini.

Tak hanya itu, suasana acara semakin bertambah meriah dan menarik perhatian hadirin ketika panitera, staf dan seluruh pegawai PN Polewali membawa kue tar ulang tahun yang dipersembahkan kepada Ida Bagus Oka dan Heriyanti di hari ulang tahunnya ke 41 dan 38.

“Saya ulang tahun ke 41 tanggal 23 maret sementara ibu Heriyanti dua hari kemudian tanggal 25 maret yang ke 38,” tandasnya.(ali/hab)



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *