PJs Bupati Pantau Program Via Web

oleh -156 views

sulbarexpress.fajar.co.id, POLEWALI – Tidak lama setelah dikukuhkan menjadi Pejabat sementara (PJs) Bupati Polman Amujib, sudah mencanangkan percepatan pelaksanaan program yang sudah ditetapkan sebelumnya untuk menciptakan tata kelola pemerintahan yang efektif.

PJs Bupati Polman Amujib mengatakan perlu difahami PJs Bupati hanya bisa melaksanakan kebijakan yang sudah disusun pemerintah daerah dengan DPRD dan peraturan daerah yang memang sudah diatur bersama.

“Karena APBD itukan sudah ditetapkan sebelum saya masuk, maka seluruh program daerah tinggal saya jalankan dan tinggal saya kontrol, sehingga semua program kegiatan itu tidak keluar dari rel yang sudah ditetapkan sebelumnya,” kata Amujib.

Namun, ada upaya strategis yang ia lakukan menyikapi kegiatan tersebut, yakni memonitor setiap program Organisasi Perangkat Daerah (OPD) melalui sistem informasi telekomunikasi website yang sudah terkoneksi langsung website Polman.

“Ini yang sementara saya dorong dan saya mengevaluasi kembali sejauh mana ini pemanfaatan Web di setiap OPD bisa terkoneksi,” tambahnya.

Ia berharap dengan adanya web di setiap OPD maka kontrol program bisa diakses secara luas melalui web yang terkoneksi. sebab itu, kata Amujib, seluruh stake holder dan komponen yang ingin melihat perkembangan situasi Polman bisa masuk di web www.Polman.co.id.

“Jadi nanti semua program OPD bisa terkoneksi langsung via web Polman,” ungkap Amujib.

Amujib juga menyampaikan meski sejumlah OPD saat ini hanya dijabat Pelaksana tugas (PLt) Kepala Dinas, ia berkeyakinan pelayanan ke masyarakat tidak akan berkurang karena pelaksanaan percepatan program di lapangan akan berjalan efektif bila meningkatkan koordinasi dengan OPD, baik program yang bersumber dari APBN, APBD provinsi maupun APBD kabupaten, hanya saja, dirinya mengingatkan menjabat PLt Kepala Dinas perlu kiranya mengeluarkan karya extra, seperti tenaga, waktu dan pemikiran.

“Kemudian kami memberi pemahaman setiap OPD bahwa apapun kondisi Polman dalam menghadapi Pilkada ini tidak harus stagnan karena Bupatinya lagi cuti dan hanya dilaksanakan oleh PJs Bupati,” jelasnya.

Sementara itu, Amujib mengimbau kepada seluruh PLt Kadis supaya dapat meningkatkan integritas serta berkomitmen melayani publik, bukan sekedar menjalankan tapi bagaimana meningkatkan layanan, tentu dengan harapan teman-teman yang menjabat PLt ini bisa menjaga kondisi kesehatannya sehingga bisa tetap tampil prima meskipun bekerja rangkap.

“Kita inginkan teman teman bekerja secara profesional tetap menjalankan program dengan jadwal dan waktu yang ditetapkan bersama,” terangnya.

Selain itu, Polman yang telah menghadapi Pilkada, dirinya menegaskan netralitas Aparatur Sipil Negara (ASN ) harus dijaga, ia pun meminta kepada masyarakat Polman untuk tidak usah terprovokasi dengan informasi yang tidak jelas sumbernya, tidak jelas analisanya, tidak terkait langsung dengan mereka serta tidak disampaikan oleh orang yang berkompeten.

“Masyarakat silahkan ciptakan pemilu yang damai dan tidak memutus tali silaturahmi karena perbedaan di Pilkada ini, fokus saja sama kerjaan masing-masing, untuk Netralitas ASN itu sudah harga mati,” tandasnya.(ali/hab)



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *