Syarat Dukungan Calon DPD Berkurang – Sulbar Express
Demokrasi

Syarat Dukungan Calon DPD Berkurang

KPU Sulbar menggelar sosialisasi syarat dukungan calon anggota DPD RI, Selasa 27 Maret 2018.

sulbraexpress.fajar.co.id, MAMUJU – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sulbar melaksanakan sosialisasi penyerahan syarat dukungan bakal calon anggota Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia (DPD RI) pemilu 2019, Selasa 27 Maret.

Ketua KPU Sulbar Usman Suhuriah mengatakan sosialisasi yang dilaksanakan KPU mengundang para Liaison Officer (LO) calon anggota DPD RI. Diharapkan agar mereka selalu membangun komunikasi untuk mengetahui semua persyaratan pencalonan.

“Kita berharap akan ada koordinasi intensif dari seluruh masyarakat Sulbar yang berencana menjadi calon DPD RI. Kita memiliki kewajiban untuk terus berkomunikasi karena KPU memiliki prinsip memberikan pelayanan maksimal terhadap warga masyarakat yang ingin menjadi anggota DPD RI,” kata Usman.

Ia menambahkan KPU Sulbar akan melakukan sosialisasi ke lapangan terkait semua persyaratan pencalonan DPD RI. Hal ini sesuai mekanisme maupun regulasi yang diterbitkan KPU RI yang akan dilaksanakan setiap provinsi termasuk Sulbar.

Usman juga menyampaikan dalam dukungan masyarakat kepada calon anggota DPD RI diharapkan tidak memberikan dukungan kepada dua calon, karena pihak KPU tidak akan bisa menarik sampelnya.

“Kalau jumlahnya 50 persen di situ, maka paling minimal ada lima kabupaten memberikan dukungan KTP dan tandatangan kepad calon,” ungkap Usman.

Selain itu, Usman juga membeberkan adanya perubahan regulasi dalam pelaksanaan pemungutan suara bagi calon anggota DPD RI untuk pemilu 2019 mendatang dengan minimal dukungan 1.000 suara bagi calon untuk memastikan dirinya lolos.

“Dulu pemilu 2014 jumlah dukungan minimal untuk Sulbar itu 2.000 suara, sekarang lebih mudah karena yang dihitung itu bukan penduduk lagi, jumlah penduduk dalam daftar pemilih tetap yang minimal 1.000 suara untuk calon bisa lolos,” tandasnya.

Sekedar diketahui, dalam sosialisasi tersebut dihadiri semua komisioner KPU Sulbar dengan memberikan materi kepada para peserta atau setiap LO masing-masing calon anggota DPD RI yang mendaftarkan diri. (hab/sol)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Most Popular

To Top