Kejar Target Investasi, Pemerintah Butuh Data Akurat

oleh -136 views

sulbarexpress.fajar.co.id, MAMUJU — Badan Pusat Statistik (BPS) Sulawesi Barat mengadakan sosialisasi Penyusunan Disagregasi Pembentukan Modal Tetap Bruto (PMTB) Provinsi Sulbar akhir pekan kemarin.

Kepala BPS Sulbar Suntono mengungkapkan bahwa kegiatan tersebut bertujuan memaparkan sejumlah data dan informasi terkait prospek investasi di wilayah Sulbar

“PMTB ini diharapkan mampu menyajikan sejumlah data lengkap investasi yang selama ini belum terinci secara institusi. Sehingga kita bisa tahu secara spesifik sebaran investasi pada 17 lapangan kerja yang ada agar kedepan pemerintah dapat melakukan estimasi pertumbuhan ekonomi lebih baik,” ungkap Suntono.

Ia pun menambahkan, bahwa dengan adanya sebaran investasi dapat memudahkan pemerintah dalam memberikan informasi kepada investor dalam menginvestasikan uang dan modalnya. Namun saat ini pemerintah belum bisa memberikan informasi yang lengkap kepada investor, karena tidak memiliki data yang lengkap.

“Kekurangan data menjadi alasan Bappenas meminta BPS untuk melakukan penghitungan sebaran investasi tersebut. Inilah dasar kita di Bappenas, untuk kita hitungkan pemerintah. Jadi pemerintah meminta kepada Bappenas untuk dihitungkan, kami diminta oleh Bappenas menghitung,” tuturnya.

Lebih lanjut ia menegaskan, jika sebaran investasi tersebut sudah dimiliki oleh pemerintah, maka pemerintah daerah pun akan menggunakannya dalam menarik minat investor di Sulawesi Barat.

Sementara itu, Kepala Dinas Komunikasi, Informasi dan Persandian Sulawesi Barat, Muzakkir Kulase mengapresiasi kegiatan yang dilaksanakan BPS. Ia pun memaparkan bahwa saat ini pihaknya tengah menyusun langkah untuk mensinergikan dalam satu server data masing-masingn potensi daerah.

“Kegiatan ini sangat baik bagi kami di Diskominfopersandian dalam membenahi sektor khusus yang merangkum semua OPD di Sulawesi Barat. Semoga kegiatan PMTB ini bisa meningkatkan secara optimal perekonomian di sulawesi Barat,” ucap Muzakkir saat membuka kegiatan tersebut. (bal/sol)



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *