63 Panwas Kelurahan dan Desa Resmi Dilantik

oleh -125 views

sulbarexpress.fajar.co.id, PASANGKAYU – Sebanyak 63 Panitia Pengawas Kelurahan dan Desa resmi dilantik. Pelatinkan secara serentak dilakukan di Sekretariat Panwascam masing-masing, pada 12 kecamatan se-Kabupaten Pasangkayu.

“Perekrutan mulai dari pendaftaran menjadi hak Panwaslu Kecamatan. Termasuk SK juga dari Panwaslu Kecamatan. Makanya pelantikannya juga di kecamatan masing-masing,” kata Anggota Panwaslu Kabupaten Devisi SDM Nurliana disela melakukan supervisi ke beberapa Panwascam, Sabtu 7 April.

Panwaslu Desa dan Kelurahan ini kata dia, mulai diberikan gaji terhitung sejak April 2018. Dan masa kerja pertama hingga 12 bulan kedepan, sesuai anggaran yang tersedia.

“Jadi masa kerja mereka selama setahun kedepan, terhitung bulan April honor mereka juga sudah berjalan,” jelasnya.

Nurliana menambahkan, sebagai pengawas pemilu tidak hanya dituntut untuk netral akan tetapi wajib memiliki integritas agar benar-benar dapat memberikan rasa keadilan kepada semua pihak. Selain itu kunci pengawas pemilu adalah harus memiliki SIMP.

“Panwas Kelurahan dan Desa merupakan ujung tombak lembaga pengawas, tidak memiliki sikap integritas dan profesional akan sangat bisa merusak lembaga pengawas secara umum, mulai dari tingkatan kecamatan hingga ke pusat,” imbuh Nurliana.

Terpisah, Ketua Panwaslu Kecamatan Pasangkayu Aswar Anas menjelaskan, selain pelantikan Panwaslu Kelurahan dan Desa juga sekaligus diberikakan bimtek masalah tugas dan fungsi. Untuk kecamatan Pasangkayu sendiri Panwascam melantik sebanyak 6 orang dari 2 kelurahan dan 4 desa. (ndi/sol)



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *