Inventarisasi Aset Pemda di Wilayah Kecamatan, DPKPP Rakor Bersama Camat

oleh -95 views

sulbarexpress.fajar.co.id, PASANGKAYU – Dinas Perumahan Rakyat, Pemukiman dan Pertanahan (DPKPP) Pemda Kabupaten Pasangkayu menggelar rapat koordinasi bersama para camat se-kabupaten.

Rakor yang digelar di kantor DPKPP, Rabu 2 Mei, membahas inventarisasi aset milik pemda yang belum bersertifikat di wilayah kecamatan.

“Rakor ini kita membahas penataan aset, bagaimana aset dalam hal ini lahan yang belum bersertifikat didata melalui kecamatan bisa segera disertifikatkan,” jelas kepala DPKPP Pasangkayu Ahmad Sibali.

Lanjut Ahmad, dengan data kecamatan, semua aset bisa di data dan selanjutnya diajukan ke BPN untuk proses penerbitan sertifikat dalam menjamin kepastian hukum kepemilikan pemerintah daerah dalam hal aset.

“Untuk itu, rakor yang kita gelar saat ini juga dihadirkan BPN Pasangkayu sebagai lembaga yang berhak menerbitkan sertifikat lahan aset pemda yang ada di kecamatan,” kata Ahmad.

Menurutnya, saat ini masih lebih dari 50 persen aset pemda yang sudah ber sertifikat untuk tahun 2018, dan akan dilanjutkan tahun 2019 apabila masih terdapat aset yang belum bersertifikat. Dengan begitu data aset di kecamatan harus jelas.

Camat Dapurang, Syamsuddin Noor menambahkan, pihaknya akan terus berupaya dalam pendataan aset pemda yang ada di kecamatan Dapurang. Sehingga DPKPP di kabupaten bisa lebih mudah dalam menata aset secara umum.

“Kami di kecamatan akan selalu berkoordinasi masalah aset khususnya lahan yang belum memiliki hak kepemilikan resmi oleh pemda. Kami sadar jika aset itu tertata dengan bagus, juga akan sangat berpengaruh terhadap pengelolaan keuangan kedepannya,” singkat Syamsuddin. (ndi/sol)



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *