Orangtua Didorong Tumbuhkan Minat Baca Anak

oleh -138 views

sulbarexpress.fajar.co.id, MAJENE – Orang tua tentu menginginkan anaknya tumbuh dengan cerdas, berbakti serta menjadi anak yang baik.

Untuk mewujudkan semua itu, orang tua perlu tips khusus mengajarkan anak membaca buku (Baku), agar buah hati menjadi cerdas sesuai yang diharapkan.

“Membaca adalah jendela dunia, karena dengan membaca menumbuhkan semangat pada anak,” urai Muhammad Ashar Malik Kadisdikpora Majene, pada kegiatan launching Gerakan Nasional (Gernas) Orang Tua Membaca Buku (Baku) tingkat Kabupaten Majene, di Pendopo Rujab bupati Majene, pekan kemarin.

Ashar menuturkan, orang tua bisa menyempatkan diri membacakan buku untuk anak-anaknya, agar terbiasa dengan buku dan mendidik menjadi anak yang cerdas, kreatif dan inovatif.

“Biasanya anak-anak itu waktunya dihabiskan hanya bermain, nah inilah yang menjadi perhatian. Untuk itu, orang tua bisa menyempatkan waktu untuk membacakan buku kepada anak-anaknya,” tandasnya.

Ia menyebut, guru dan oarang tua merupakan pelaku pendidikan, termasuk masyarakat untuk terus memotivasi kebiasaan positif anak.”Selain terjalin ikatan emosional antara orang tua dan anak, juga membiasakan agar anak senang membaca buku,” paparnya.

Sementara itu, Bunda Paud Majene Fatmawati Fahmi menguraikan, Gernas orang tua Baku merupakan untuk mendukung inisiatif dan peran keluarga dalam meningkatkan minat baca anak melalui pembiasaan di rumah dan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD).

“Tujuan dari gerakan nasional orang tua Baku kepada anak, dapat mempererat hubungan emosional antara anak dengan orang tua, menumbuhkan minat baca anak sejak dini dan meningkatkan daya pikir dan wawasan anak-anak kita,” jelas Fatmawati.

Ia menjelskan, launcing Gernas orang tua Baku, seyognya dilaksanakan pada 5 Mei mendatang. Namun karena terdapat sesuatu yang penting dan mendesak, sehingga launching dimajukan.

“Gernas Baku ini, dilaksanakan agar wawasan dan pemahaman terhadap dunia terbuka dengan cara membacakan buku serta upaya meningkatkan minat baca bagi anak di usia dini,” sebutnya.

Kesempatan sama, Bupati Majene Fahmi Massiara mengatakan, tumbuh kembang anak merupakan tanggung jawab seluruh pihak, dengan keterlibatan orang tua dalam membacakan buku, maka akan tercipta pola asuh yang positif antara orang tua dan anak, yang sekaligus akan mendukung tumbuh kembang optimal anak.

“Saya ingin sampaikan terkait sikap perhatian pembelajaran anak, agar lebih keratif, jangan selalu mengajari anak dengan cara pendidik, jadilah pendengar baik saat anak mengalami kesulitan, menjadi pengingat yang baik, pemaaf dan sabar jika anak kurang mengerti yang diajarkan,” ungkap Fahmi.

Hadiri dalam kesempatan tersebut, Wakil Bupati Majene Lukman, plt Sekkab Majene, para Kepala OPD jajaran Pemkab Majene, Asisten Bunda Paud Majene, organisasi Paud, Persit dan Darma Wanita serta para stakeholder pendidikan.(hfd/smd)



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *