Calon DPD Diajak Pahami Tata Negara

oleh -91 views

sulbarexpress.fajar.co.id, MAMUJU – Kinerja anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI harus betul-betul memahami tata negara dengan baik.

Olehnya itu, DPD RI menggandeng Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sulbar dan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Sulbar melaksanakan dialog publik kepada bakal calon DPD RI perwakilan Sulbar.

Anggota DPD RI Asri Anas mengatakan dialog publik dilaksanakan agar semua calon DPD RI wilayah Sulbar mengetahui kondisi DPD sebenarnya.

“Supaya mereka pahami bagaimana konstitusi kita itu berbicara DPD. Jadi kita ingin semua calon memahami posisi DPD dalam konteks ketatanegaraan apalagi adanya perubahan UU 2017 yang baru,” kata Asri, Senin 7 Mei.

Ia menambahkan kewenangan DPD RI sangat terbatas, sehingga perlu bekal yang kuat untuk bergabung di DPD RI. Sehingga para perwakilan Sulbar betul-betul berjuang demi Sulbar.

“Kita juga menargetkan amandemen undang-undang dasar, saya berharap teman-teman yang bergabung paham betul tata negara. Banyak yang masuk tokoh-tokoh nasional seperti Prof Mahfud dan yang lainnya. Karena mereka ini ikut menyusun perbaikan DPD RI kedepan,” tambahnya.

Asri juga menyampaikan pada undang-undang 24 juga membahas tentang desain-desain pemekaran daerah dan untuk Sulbar terdapat lima daerah yang sudah masuk dalam daftar yang diserahkan kepada presiden.

“Tidak serta-merta pemekaran daerah dilakukan, ada tahap yang dilakukan. Saat ini berkasnya tinggal ditandatangani oleh presiden dan kita ada lima yang diusulkan pemekaran di Sulbar,” ungkap Asri.

Sementara itu, lanjut Asri, dari lima daerah tersebut ada dua yang akan lebih dulu dimekarkan yakni Balanipa dan Kota Mamuju.

“Tapi ini tidak serta-merta ada bupatinya dan wali kotanya. Ada dulu daerah persiapan selama tiga tahun sambil mempersiapkan infrastruktur secara keseluruhan dan ini sudah disepakati,” terangnya.

Dalam acara dialog tersebut DPD RI mengundang narasumber dari komisioner KPU Sulbar Adi Arwan Alimin dan Ketua Bawaslu Sulbar Sulfan Sulo. (hab/sol)



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *