Pengawasan Masa Pra Kampanye, Panwaslu Rapat Evaluasi Panwascam se-Pasangkayu

oleh -23 views

sulbarexpress.fajar.co.id, PASANGKAYU – Panwaslu Pasangkayu menggelar rapat evaluasi pengawasan pra kampanye pemilu 2019 di Pasangkayu. Agenda ini dilaksanakan akibat masih ada partai yang melakukan kampanye di luar jadwal.

Ketua Panwaslu Pasangkayu Syamsudin mengatakan dalam pra kampanye yang telah ditentukan saat ini, Bawaslu harus dengan ketat melakukan pengawasan di setiap tingkatan paling bawah.

Ini dimaksudkan untuk mewujudkan keadilan bagi setiap parpol peserta pemilu 2019 dalam menyampaikan informasi pemilih dengan melakukan pencegahan dan pengawasan terhadap larangan berkampanye sebelum masa kampanye.

Adapun jenis-jenis pengawasan dalam pra kampanye saat ini, Syamsudin menjelaskan, adalah pertama pengawasan iklan kampanye di lembaga penyiaran, kedua pengawasan keberimbangan dan proporsionalitas pemberitaan parpol, dan ketiga pengawasan terhadap tindakan kampanye yang dilakukan parpol sebelum masa kampanye. Dan yang terakhir terpenting adalah pengawasan alat peraga kampanye dan pengawasan sosialisasi parpol yang melibatkan pihak lain.

“Jika semua itu diduga dilanggar, akan kita tindak lanjuti sesuai dengan ketentuan perundang-undangan yang berlaku,” kata Syamsudin.

Ia menegaskan, jika rapat evaluasi ini juga merupakan rapat instruksi pengawasan kepada Panwascam untuk terus melakukan pengawasan dan koordinasi dengan seluruh pimpinan parpol yang ada ditingkatan masing-masing untuk menurunkan dan tidak memasang bahan kampanye dan alat peraga yang ada di tempat umum sebelum jadwal tahapan kampanye pemilu tahun 2019.

“Hingga hari ini, meski sudah berkurang, tetapi saya melihat masih ada alat peraga kampanye parpol di pinggiran jalan trans Sulawesi,” kata Syamsudin.

Selain pengevaluasi pengawasan pra kampanye parpol, rapat ini juga membahas progres pengawasan coklit data pemilih, verifikasi administrasi dan klarifikasi dukungan ganda calon DPD. (ndi/sol)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *