Dinas Pertanian Targetkan Mamasa jadi Percontohan

oleh -186 views

sulbarexpress.fajar.co.id, MAMASA – Sebagian besar masyarakat Kabupaten Mamasa berprofesi sebagai petani. Jika dipersentasekan, maka petani yang ada di Mamasa hampir mencapai 80 persen.

Dengan demikian, sudah selayaknya pemerintah daerah memprioritaskan peningkatan produksi pertanian terutama dalam meningkatkan tanaman pangan melalui itensifikasi dan ekstensifikasi.

Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Mamasa, Mambu mengatakan, untuk mencapai target menjadikan Mamasa sebagai percontohan dibidang pertanian, terutama tanaman padi dan jagung, serta pengembangan komuditi kopi dan kakao, maka pemerintah wajib memp

MAMBU

rioritaskan hal tersebut.

Pelaku utama untuk mengembangkan pangan dan pertanian, kata Mambu, adalah petani itu sendiri. Namun hal itu tidak terlepas dari tanggung jawab pemerintah dalam hal memfasilitasi segala kebutuhan petani seperti pengembangan padi gogo dan jagung.

“Jadi kelompok tani yang terdaftar lewat sistem online masing-masing kecamatan, kami bantu bibit padi dan jagung untuk dikembangkan,” kata Mambu, Rabu 9 Mei.

Menurutnya, untuk mencapai target sebagai daerah percontohan saat ini semua program atau bantuan pemerintah terkait pertanian tidak lagi disalurkan untuk perorangan tetapi melalui kelompok tani. Bahkan ditegaskan kedepannya kelompok tani akan dibenahi agar menjadi lembaga yang resmi.

“Sekarang ini ada namanya sistim penyuluhan pertanian semua kelompok tani di input dengan sistem online dengan menggunakan nomor induk kependudukan (NIK) agar kedepan tidak ada lagi namanya¬†kelompok tani siluman,” katanya.

Mambu berharap agar semua kelompok tani yang ada di masing-masing kecamatan untuk benar-benar termotivasi dengan adanya bantuan pengembangan tanaman padi dan jagung serta komuditi kopi dan kakao agar Kabupaten Mamasa dapat menjadi percontohan di bidang pertanian.

“Saya sangat mengharapkan kepada semua kelompok tani untuk bekerja sesuai porsinya masing-masing, sehingga dapat menjadi petani sesuai yang diinginkan,” harapnya. (mg1/sol)



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *