Kejari Perluas Program Kantin Kejujuran – Sulbar Express
Majene

Kejari Perluas Program Kantin Kejujuran

Kasi Intel Kejari Majene Muh Ikhsan menyampaikan sambutan pada pencanangan kemitraan kantin kejujuran sekolah, di ruang pola Kantor bupati Majene, Senin 14 Mei 2018.

sulbarexpress.fajar.co.id, MAJENE – Pendidikan adalah wadah utama untuk membentuk karakter pemuda sebagai generasi penerus bangsa, juga sebagai sarana utama untuk membangun bangsa yang kokoh dan bermartabat.

Selain itu, meningkatkan kualitas pendidikan nasional, dengan berbagai inovasi sangat dibutuhkan, sehingga pemerintah melakukan berbagai inovasi yang tidak hanya meningkatkan kualitas dibidang akademik semata, tetapi juga pembinaan akhlak kepada anak didik.

Salah satunya dengan membuat kantin kejujuran melalui program Kejaksaan RI, yang dicanangkan di seluruh provinsi dan kabupaten di Indonesia.

“Sifat jujur merupakan penangkal efektif dari virus korupsi,” sebut Muh Ikhsan Kasi Intel Kejari Majene, pada pencanangan kemitraan kantin kejujuran sekolah, di ruang pola Kantor bupati Majene, Senin 14 Mei.

Kata Ikhsan, kantin kejujuran merupakan pendidikan anti korupsi yang perlu diterapkan sebagai upaya prepentif bagi generasi muda. “Kantin kejujuran akan sukses dengan dukungan bersama dari warga sekolah,” ujarnya.

Ia juga menjelaskan, pencanangan kantin kejujuran untuk menumbuhkan kesadaran hukum dan pembelajaran moralitas penanaman sifat jujur sejak dini.

“Jadi kemitraan kantin kejujuran sejak dulu sudah dibentuk dibeberapa sekolah di Majene, hanya saja banyak yang merugi. Sehingga tidak berjalan sesuai yang diharapkan,” ungkapnya.

Ia menginginkan, melalui pencanangan kemitraan kantin kejujuran, diharapkan kepada pihak perbankkan serta pihak lainnya dapat bermitra selaku pembimbing atau pembina di sekolah. Agar kegiatan kantin kejujuran bisa berjalan sesuai harapan.

Kesempatan sama, Sekretaris Kabupaten (Sekkab) Majene Arifuddin mengatakan, kantin kejujuran merupakan bentuk pembelajaran di luar kegiatan akademik.

“Pembentukan jati diri siswa tidak hanya sebatas pada kemampuan akademik, tetapi juga mental secara menyeluruh. Kantin kejujuran menjadi langkah preventif yang sifatnya edukatif untuk memberantas perilaku korupsi sejak dini,” katanya.

Hadir dalam kesempatan tersebut, Ketua DPRD Majene Darmansyah, Kadisdikpora Majene Muhammad Ashar Malik, para Kepala Sekolah serta sejumlah undagan lainnya. (hfd/sol)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Most Popular

To Top